Jadi Produk Favorit, Berikut Harga Snare Drum Mapex Black Panther Series

Snare Drum

Jika dilihat secara fisik, drum adalah alat yang mempunyai bagian-bagian terpisah, akan tetapi merupakan suatu kesatuan drum atau yang sering disebut drum set. Definisi secara umum, drum adalah alat musik perkusi yang terdiri dari kulit atau plastik yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang (stick). Dalam sebuah drum set terdiri dari snare, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan terkadang ditambah berbagai alat musik drum listrik.

Snare menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah drum kit, khususnya untuk drum set modern. Pasalnya, snare adalah bagian penentu dalam menentukan sebuah ketukan atau tempo dalam bermain drum. yang satu ini terdiri dari berbagai ukuran antara 10” hingga 15”.

Pada snare drum juga terdapat bagian yang sangat penting yakni snare wire atau stainer yang memiliki penampakan seperti pir pegas. Bagian ini terdapat di bawah snare. Apabila kita memukul sisi atas pada snare, maka stainer yang dirapatkan di bagian bawah snare ini akan berinteraksi yang menghasilkan bunyi yang sangat nyaring.

Jenis-jenis snare yang umum dikenal oleh masyarakat, khususnya para drum adalah jenis snare biasa, yang berukuran 5 ½” – 6 ½” dengan nada sedang. Lalu snare tebal yang berukuran 7” – 8” dengan nada deep, snare tipis piccolo yang berukuran 3 ½” – 4” (terbuat dari kayu), dan snare tipis soprano, yang memiliki diameter lebih kecil dari piccolo. Saat ini juga muncul beberapa snare drum yang berukuran kecil seperti small tom (12”, 10”, dan bahkan 8”).

Snare drum memiliki frekuensi suara yang tinggi dibandingkan dengan drum set lainnya. Alat ini juga dilengkapi dengan dua buah membran yang berfungsi untuk menghasilkan suara dengan cara dipukul. Karakteristik suara yang dihasilkan snare drum dapat dipengaruhi dari ketebalan membran. Jika ukuran membran semakin tipis, maka suara yang dihasilkan akan lebih renyah (overtunes warm), dan sustain lebih panjang. Sama seperti pada bagian bass drum, head pada bagian snare drum ini juga dikunci dengan hoops.

Di , ada banyak snare drum yang bisa dipilih oleh pelanggan, salah satunya adalah Mapex. Produsen alat musik asal Amerika ini sudah menjadi salah satu brand favorit di Tanah Air. tipe-tipe snare drum yang dihasilkan oleh Mapex dari yang tertinggi sampai yang basic adalah Mapex My Destiny, Black Panther Series, Saturn, Meridian, Horizon, dan Voyager.

Dari sejumlah pilihan tipe tersebut, Mapex My Destiny dan Black Panther memiliki pelanggan yang cukup banyak, berkat kualitas yang dimilikinya. Khusus untuk tipe Black Panther, pelanggan bisa memilih beberapa seri yang ditawarkan, seperti pada seri Mapex Black Panther 14 x 5 ½ Retrosonic yang seharga Rp6,5 jutaan, atau Mapex Black Panther 13” x 7”, Rp5 jutaan.

“Snare Retrosoncic menghadirkan sound yang sensitif dan cukup responsif pada pukulan. Intinya Anda tidak perlu melakukan pukulan yang kuat untuk menghasilkan sound yang diinginkan dan jika Anda memukulkan dengan kuat, karakter sound tetap terdengar stabil dan maksimal,” ungkap salah seorang drummer dalam reviewnya.

Untuk mendapatkan yang lebih murah, konsumen bisa membeli sejumlah snare drum bekas namun dengan kondisi yang layak pakai. Untuk Mapex Black Panther Velvetone Series bekas, di pasaran dijual dengan murah Rp3,4 jutaan, atau Mapex Black Panther Blaster Series bekas seharga Rp3,5 jutaan, dan Mapex Panther Blade Series yang juga dijual di kisaran Rp3,5 jutaan.

 

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top