Jadi Alat Bantu Penerjemah, Ini Harga Kamus B.Inggris

Kamus Bahasa Inggris - (Sumber: ef.co.id)Kamus Bahasa Inggris - (Sumber: ef.co.id)

Di era saat ini, fasih dalam berbahasa sebagai bahasa dianggap sebagai suatu keharusan. Umumnya, dalam mempelajari Bahasa , setiap orang memerlukan bantu penerjemah, salah satunya adalah kamus. Kamus menjadi suatu yang penting untuk mengetahui setiap kosa kata dalam Bahasa .

Meski saat ini banyak hadir aplikasi penerjemah yang terdapat di smartphone, namun tak jarang dari masyarakat yang masih menggunakan kamus dalam mempelajari Bahasa Inggris. Beruntungnya, beberapa toko seperti Gramedia dan Togamas banyak menyediakan kamus B.Inggris yang bisa dijadikan referensi oleh para pelanggannya.

Jika berbicara tentang kamus, pasti terlintas tentang sosok Samuel Johnson yang merupakan Bapak Kamus Bahasa Inggris Modern. Johnson sendiri merupakan seorang leksikografer (atau penulis kamus) asal Inggris yang menggabungkan banyak kamus hingga diterbitkan menjadi sebuah karya yang berjudul ‘A Dictionary of the English Language’.

Kamus ciptaannya tersebut diterbitkan pertama kali pada tahun 1755 dan dikerjakan selama sembilan tahun. Karya Johnson juga disebut sebagai salah satu pencapaian pengetahuan tertinggi dan telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan Bahasa Inggris modern.

Kamus buatan Samuel Johnson yang dilahirkan pada tahun 1907, dulu disebut sebagai ‘kolosal’ karena tebalnya yang mencapai 18 inci atau setara 20 cm. Kamus ini merupakan versi awal dari Oxford English Dictionary yang dipublikasikan pada 1928.

September lalu, Google sempat merayakan ulang tahun Bapak Kamus Bahasa Inggris tersebut yang ke-308 tahun. Menurut tim Google Doodle, Johnson tak hanya seorang leksikografer tetapi juga seorang pujangga, penulis esai, penulis biografi, editor dan pengkritik.

“Kamus Johnson lebih dari sekadar daftar kata: karyanya memberikan pemahaman yang luas tentang bahasa dan abad ke-18. Klaimnya yang abadi memberinya tempat dalam sejarah sastra,” ungkap Tim Google Doodle.

Meski kamus Johnson bukanlah yang hadir pertama kali, namun kamus-kamus yang ada sebelumnya dianggap memiliki kualitas yang buruk. Penjelasan pada tiap kata tidak terlalu bagus, bahkan lebih terkesan sebagai lelucon.

Kuatnya Bahasa Inggris di dunia ini bukanlah sesuatu yang mengherankan. Seperti yang diungkapkan Kai L. Chan dalam laporannya bertajuk ‘Power Language Index’, bahwa atas 2.000 bahasa yang dituturkan orang-orang di seluruh dunia, Bahasa Inggris didaulat sebagai bahasa paling perkasa di dunia. Selain Bahasa Inggris, bahasa terkuat lainnya secara berurutan ialah Mandarin, Perancis, Spanyol, Arab, Rusia, Jerman, Jepang, Portugal, dan India.

Sebagai , di Gramedia sendiri banyak macam kamus penerjemah Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia yang disediakan dengan pilihan dan ukuran yang menarik. Sebut saja Kamus Inggris – Indonesia (SC), yang merupakan karya John M. Echols & Hassan Sadily, dengan Rp140 ribu, namun karena adanya promo harganya menjadi Rp119 ribu. Selain itu, juga ada Master Pocket Kamus Inggris, oleh Tim Pusat Bahasa Salemba yang ditawarkan dengan lebih murah, yakni sekitar Rp65.450.

Loading...