Ingin ke Raja Ampat? Kini Banyak Pilihan Paket Wisata dengan Biaya Terjangkau

Pulau Salawati yang merupakan salah satu dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. - ksmtour.com

Raja Ampat beberapa waktu belakangan menjelma jadi liburan idaman setiap orang karena terkenal akan keindahan alamnya. Sayangnya bagi sebagian orang ke wilayah yang dijuluki ‘Hidden Paradise’ di Indonesia ini cukup mahal. Berapa kira-kira budget yang harus disediakan untuk berlibur ke Raja Ampat?

Hal pertama yang perlu diperhitungkan tentu saja urusan pesawat. Jika dari Jakarta, ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke Sorong, misalnya NAM Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia. tiket pesawat ke Sorong dipatok antara Rp 1-3 jutaan sekali jalan.

Kemudian saat tiba di Sorong, pelancong masih harus menempuh jalur laut dengan naik kapal ferry. Kapal ferry di sana tersedia dalam beberapa pilihan kelas, misalnya saja VIP sekitar Rp 215 ribu sekali jalan, lengkap dengan fasilitas kursi yang luas, snack, ruangan khusus ber-AC, hingga karaoke.

Rate di Raja Ampat pun dibanderol bervariasi, ada cottage tipe water villa mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 jutaan. Sedangkan jika ingin berkeliling pulau dengan speedboat, wisatawan juga masih harus mengeluarkan biaya lagi. “Kalau kapalnya sendiri kita punya Rp 7 juta sehari, tetapi muat untuk sampai 15 orang,” kata salah satu pemandu wisata bernama Mukhsin, seperti dilansir Detik.

Jika ditotal, biaya keseluruhan ke Raja Ampat jika mengurus sendiri sekitar Rp 9 jutaan per orang. Biaya tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dari beberapa agen yang menyediakan -paket wisata ke Raja Ampat. Setidaknya ada beberapa agen travel yang menyediakan open trip atau tour ke beberapa wilayah terkenal di Raja Ampat, seperti Wayag, Piaynemo, Telaga Bintang, hingga Misool.

Sebagai bahan perbandingan, berdasarkan penelusuran di beberapa situs perjalanan, biaya paket wisata ke Raja Ampat (Pianemo) untuk 3 hari 2 malam mulai dari Rp 4,3 jutaan, namun biasanya jika ingin ke Pulau Wayag maka biaya turnya lebih mahal lagi, mulai dari Rp 6,3 jutaan per orang. Kemudian untuk tur 4 hari 3 malam mulai Rp 6,6 jutaan, paket 5 hari 4 malam mulai Rp 9,3 jutaan. Apabila ingin yang lebih murah, tersedia pula paket trip Raja Ampat 2 hari 1 malam mulai Rp 1,9 jutaan. Namun biasanya harga tersebut masih belum termasuk tiket pesawat.

Loading...