Ingin Ganti Plat Kopling Toyota Soluna? Harga Satu Set Mulai Rp1,45 Jutaan

Plat Kopling Toyota Soluna - bengkelparts.com

Kopling merupakan salah satu komponen penting yang harus rutin dirawat, terutama oleh roda empat yang masih menggunakan transmisi manual. Pasalnya, jika sudah rusak, mengganti plat kopling tidak bisa dikatakan murah. satu set plat kopling (kopling, matahari, dan laher) untuk Toyota Soluna misalnya, bisa berkisar Rp1.450.000 hingga Rp1.850.000.

“Bagi yang menggunakan transmisi manual, tanda kampas kopling habis atau tipis adalah setelah pedal kopling menjadi tinggi dan kurang bertenaga,” papar Toha, mekanik yang praktik di Pit Stop yang berlokasi di Jakarta Timur. “Di samping itu, suara mesin kendaraan terdengar ‘menggerung’ tidak bertenaga.”

Selain itu, jika kendaraan roda empat Anda seolah ‘bergetar’ ketika dijalankan, ini kemungkinan terjadi saat kopling tidak berhubungan secara halus. gangguan ini bisa dari plat kopling, matahari atau roda gila (flywheel) yang tidak rata. Sementara, apabila Anda menemukan bunyi ‘gemeretak’ ketika gear transmisi dipindahkan, umumnya masalah terjadi pada plat kopling yang aus, atau plat yang tidak kembali sempurna saat pedal ditekan.

Jika merasakan atau menemukan seperti di atas, sebaiknya segera service kendaraan Anda, dan ganti komponennya jika diperlukan. Untuk satu set plat kopling mobil Toyota Soluna, produk yang diklaim asli saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp1.450.000 sampai Rp1.850.000, dan bisa Anda beli di bengkel di dekat rumah Anda atau jual beli .

Namun, apabila kantong Anda saat ini sedang tipis, mungkin plat kopling pantek bisa menjadi opsi yang masuk akal. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau, kopling pantek ini diklaim memiliki daya tahan hingga dua tahun jika penggunaan mobil ‘benar’. “Sayang kalau yang bermasalah hanya plat kopling, tetapi harus ganti satu set,” ujar A. Sahidin, pemilik bengkel plat Multi Jaya Abadi di Jakarta.

Sementara, Taqwa Suryo Swasono, penggawa Garden Speed yang kerap menangani perbaikan kendaraan baru pasca-garansi, menuturkan bahwa dari segi kekuatan, kopling pantek memang tidak ada masalah. Tetapi, jika kendaraan Anda masih garansi, disarankan untuk menggunakan plat kopling orisinal guna menghindari hangusnya garansi mobil.

Loading...