Hilangkan Kista di Pergelangan Tangan, Berapa Biaya Operasi Ganglion?

Kista di Pergelangan Tangan - www.flickriver.comKista di Pergelangan Tangan - www.flickriver.com

Pernahkah Anda menemukan benjolan pada pergelangan tangan Anda, dengan bentuk yang keras? Jika iya, Anda perlu waspada karena bisa saja itu merupakan kista ganglion. Meski demikian, gangguan ini bisa diobati dengan melakukan metode yang memakan biaya sekitar jutaan , belum termasuk jika dibutuhkan rawat inap.

“Ganglion atau kista ganglion merupakan sebutan untuk benjolan yang muncul di ujung sendi atau tendon. Disebut sebagai kista karena benjolan ini berisi cairan yang menyerupai jeli,” papar dr. Nadia Nurotul Fuadah dalam laman Alodokter. “Penyebab kista ganglion hingga kini belum diketahui secara pasti, namun diduga dipicu oleh riwayat cedera pada sendi atau tendon yang menyebabkan kerusakan pada kapsul sendi atau selubung tendon.”

yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung itu menambahkan bahwa ganglion umumnya ditandai dengan benjolan yang memiliki karakteristik seperti lunak atau kenyal, berbentuk bulat, terkadang hilang dan timbul kembali, dan akan menyebabkan nyeri jika ukurannya membesar. Meski demikian, untuk mendiagnosis suatu ganglion, memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh .

“Kebanyakan kista ganglion akan menghilang dengan sendirinya tanpa memerlukan penanganan ,” sambung dr. Nadia. “Namun, jika keluhan terasa sangat mengganggu, maka dokter dapat mempertimbangkan beberapa prosedur medis seperti aspirasi atau memasukkan jarum ke dalam kista lalu menariknya ke luar dan pembedahan atau operasi.”

Sementara, mengenai besaran biaya yang diperlukan untuk operasi ganglion, tentu sangat bervariasi, tergantung dari tindakan yang dilakukan serta kebijakan masing-masing fasilitas kesehatan. Namun, salah satu pasien membeberkan bahwa dirinya memerlukan biaya sekitar Rp5 jutaan untuk melakukan operasi ganglion, belum termasuk biaya rawat inap di rumah sakit.

Jika ganglion relatif kecil dan tidak mengganggu jaringan di sekitarnya, maka operasi yang dilakukan biasanya menggunakan teknik anestesi lokal dan membutuhkan waktu yang singkat. Sementara, jika ganglion tersebut mempunyai yang lebih besar dan diperkirakan lebih rumit, maka operasi biasanya berlangsung lebih lama dan menggunakan teknik anestesi umum.

Loading...