Ringankan Asam Urat, Berapa Harga Zyloric Allopurinol?

Tablet obatTablet obat

JAKARTA – , meski kerap menyerang orang lanjut usia, namun terkadang bisa terjadi pada usia muda. Bisa menimbulkan bengkak di bagian sendi, ini memang akan membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Untuk membantu meringankan gangguan tersebut, -obatan yang mengandung allopurinol seperti Zyloric, Ponuric, atau Sinoric, bisa dikonsumsi. Sudah secara bebas di , harganya sebenarnya tidak terlalu mahal. 

Untuk merk dagang Zyloric misalnya, di Apotek K24, sekarang dijual dengan Rp2.917 per untuk 100 mg dan Rp6.593 per tablet untuk 300 mg. Sementara, jika ingin membeli satu strip, harganya berkisar Rp27 ribuan untuk 100 mg isi 10 tablet dan Rp58 ribuan untuk 300 mg. Apabila ingin menyediakan stok di rumah, bisa membeli satu box dengan harga 540 ribuan untuk 300 mg.

“Zyloric adalah obat yang mengandung zat aktif allopurinol, biasanya digunakan untuk mengatasi kadar asam urat untuk mencegah terjadinya atau melarutkan kembali endapan garam urat,” demikian penjelasan Apotek K24. “Allopurinol termasuk golongan Xantahunine Oxidase Inhibitor yang bekerja dengan cara menghambat enzim xantahunine oksidase sehingga mengurangi pembentukan asam urat dan menghambat sintesis purin.”

Dikutip dari Kontan, kebanyakan penderita asam urat adalah pria. Penyebab yang paling umum adalah kelebihan berat badan dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Sebenarnya, peningkatan kadar asam urat dalam aliran darah disebabkan oleh berbagai faktor. Tidak sedikit di antaranya merupakan kecenderungan genetik, yang mengarah ke cacat ginjal yang mengganggu pengeluaran asam urat dalam urine.

Lalu, bagaimana dengan makanan seperti jeroan dan melinjo yang kerap dituding dapat meningkatkan risiko asam urat? Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari Klik Dokter, melinjo dan jeroan dapat memicu asam urat karena memiliki kadar purin yang tinggi. “Anggapan bahwa melinjo dapat menyebabkan asam urat memang tidak salah. Jika Anda tidak ingin terkena dampaknya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung melinjo, termasuk emping,” jelasnya.

Loading...