Kerap Dipakai untuk Mikropipet, Harga Yellow Tip Dibanderol Variatif

Ilustrasi : Seseorang sedangmelakukan penelitian di laboratoriumIlustrasi : Seseorang sedangmelakukan penelitian di laboratorium

Di dunia , segala yang digunakan menuntut sebuah akurasi yang tinggi. Tak terkecuali dengan penggunaan pipet atau mikropipet yang biasa dipakai untuk memindahkan dari satu wadah ke wadah lain. Untuk memindahkan dengan volume yang lebih sedikit, biasanya dibutuhkan tip atau ujung mikropipet khusus.

Secara umum terdapat beberapa tip yang dibedakan berdasarkan warna dan volume cairannya, yakni white tip (putih), yellow tip (kuning), dan blue tip (biru). White tip biasanya dipasangkan dengan mikro pipet yang berkapasitas volume 5-10 µl dan mempunyai tingkat ketelitian hingga 0,05 µl. Kemudian yellow tip untuk kapasitas volume 10-200 µl dengan tingkat ketelitian hingga 0,1 µl. Dan blue tip dipasangkan dengan mikropipet volume maksimal 1.000 µl dengan tingkat ketelitian hingga 0,1 µl.

“Yellow tip adalah laboratorium maupun -alat laboratorium penelitian yang mempunyai banyak fungsi. Yellow tip terbuat dari polypropylene (PP) yang memiliki kejernihan yang tinggi dan merupakan bahan anti air yang sangat bagus sehingga yellow tip ini dirancang untuk menjaga retensi sampel dalam tip,” kata salah seorang penjual yellow tip di e-commerce.

Yellow tip biasanya dijual ecer atau grosir langsung satu pack berisi 1.000 pcs yellow tip. Di pasaran tersedia beragam merek yellow tip untuk keperluan laboratorium atau penelitian. Harganya pun , berkisar antaran puluhan ribu hingga ratusan ribu .

Sebagai contoh, yellow tip merek OneMed isi 1000 dibanderol dengan harga Rp63 ribu per bungkus. Ada juga yang lebih murah dengan harga Rp38 ribuan per 1.000 pcs atau yang harganya Rp75 ribu. Tersedia pula yellow tip dari beberapa merk ternama seperti besutan LPI seharga Rp150 ribu per pack, merek Kartel dan Stardeck harganya Rp165 ribu, merek Biologix dibanderol seharga Rp225 ribu per pack, merek Axygen Rp345 ribu per pack, Rp370 ribu per pack, hingga yang paling mahal adalah yellow tip merek Gilson seharga Rp506 ribu per pack isi 1.000 pcs.

Loading...