Tinggi Kandungan Protein, Harga Whey Protein Concentrate Dibanderol Variatif

Ilustrasi : Seseorang sedang berlatih angkat beban untuk membentuk masa ototIlustrasi : Seseorang sedang berlatih angkat beban untuk membentuk masa otot

Bagi para penggiat fitness yang rajin ke gym mungkin sudah tak asing dengan whey . satu ini biasanya banyak dikonsumsi untuk membantu meningkatkan stamina hingga menambah massa . suplemen ini jenisnya ada beragam, mulai dari whey protein concentrate (WPC), whey protein isolated (WPI), hingga whey protein hydrolysate (WPH). Di antara beragam jenis whey protein tersebut, kabarnya harga whey protein concentrate relatif lebih terjangkau dan rasanya pun dikenal lebih enak.

Selain baik untuk otot, susu whey protein concentrate diklaim baik untuk tulang karena kandungannya yang kaya akan kalsium, baik untuk program diet, bermanfaat untuk pencernaan, solusi cepat memulihkan stamina tubuh usai berolahraga, hingga memperlambat penuaan sel terutama pada orang tua.

Di sendiri ada beragam susu whey protein concentrate yang beredar dengan harga yang juga variatif. Misalnya saja susu Whey Mugro Protein Concentrate 1 kg yang dijual dengan harga Rp85.500 per bungkus, Blade Sports 5 lbs seharga Rp630 ribu, Avonlac 282 Whey Protein Concentrate 80 plain unflavored seharga Rp115 ribu, VectorLabs Master 3 lbs Rp284 ribu, Whey Milk Protein Concentrate NZMP 1 kg Rp84 ribu, Valens Myotein 215 gr Rp260 ribu, dan masih banyak lagi merk lain.

Susu whey protein ini biasanya bisa dibeli di pusat-pusat kebugaran, suplemen, hingga internet. “Whey juga protein komplit, sehingga memiliki banyak kelebihan, misalnya mengandung 9 asam amino yang dibutuhkan tubuh,” ujar Peter Horvath, Ph.D, pakar bidang olahraga dan nutrisi, seperti dilansir Tribunnews.

Meski menyimpan banyak , ternyata konsumsi suplemen protein jangka panjang kabarnya dapat berbahaya. “Konsumsi yang berlebihan bisa membuat ginjal stres dan ini adalah indikator peningkatan risiko kanker,” ungkap Ken Immer, ahli nutrisi.

Mengonsumsi suplemen protein pun kabarnya merupakan hal yang sia-sia. Pasalnya, tubuh pada dasarnya hanya membutuhkan 0,8 gram protein dikalikan berat badan. Jadi, apabila berat badan 50 kg, maka butuh sekitar 40 gram protein yang dapat dipenuhi dari 2-3 porsi sumber protein tiap harinya. Misalnya saja dalam 6 ons ikan tuna mengandung 40 gram protein dan 1 lembar keju cheddar mengandung 7 gram protein.

Sementara itu, Barbara Lewin, ahli nutrisi olahraga yang menangani atlet NBA menjelaskan, dalam membentuk otot, tubuh kita hanya membutuhkan tambahan protein 10-14 gram. “Tambahannya tidak terlalu banyak. Beberapa protein bubuk mengandung 80 gram protein per sajian. Kita tak butuh sebanyak itu. Tubuh akan memecahnya menjadi energi. Kebanyakan protein berbahaya untuk ginjal dan liver,” tandasnya.

Loading...