Harga Variatif, Mesin Mie dan Press Adonan Bisa Cetak Mie Basah dalam Berbagai Ketebalan

Mesin Mie - simomot.com

Siapa sangka mie basah di ternyata bisa mendatangkan yang cukup menjanjikan? Hal ini dialami langsung oleh asal Kotamobagu yang berhasil menunaikan ibadah haji berkat berjualan mie basah.

“Berkat hasil mie basah, saya dan istri bisa naik haji pada tahun 2015,” kata H Sunarlan Sarip, seperti dilansir Tribunnews. turun-temurun tersebut kini dilanjutkan ke anaknya dan masih laris manis hingga saat ini. “Dari hasil ini juga kami bisa membangun lainnya dan untuk hingga perguruan tinggi serta memenuhi ,” ujarnya.

Menurut putra Sarip, Bayu Pratama, standar penjualan mie basah tidak bisa lewat dari sehari karena nantinya akan terasa amis. Jika ada mie basah yang bisa bertahan lebih dari sehari justru patut dipertanyakan. Bayu mengatakan, jika ingin mie yang tahan lama, maka bisa dibuat seperti mie kukus. Mie yang diproses dengan cara dikukus kabarnya dapat bertahan lebih lama, sekitar 5 hari.

“Sehari bisa produksi 200 kilogram dari bahan empat sampai lima sak kalau kondisi pasar sepi laku empat sak, kalau ramai-ramainya seperti hari raya dan ada acara lainnya bisa mencapai 10 sak menghasilkan 400 kilogram. Di mana harga per kilo Rp 9.000,” jelas Bayu.

Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis mi basah ada bermacam-macam. Misalnya dengan membeli mesin pembuat mie dan press adonan. Sebagai contoh, harga mesin cetak mie dan press adonan Maksindo MKS-900 dijual sekitar Rp 12.750.000. Mesin ini diklaim bisa membuat adonan hingga 20 mm dengan ketebalan mie 3 mm. Selain dapat digunakan untuk usaha mie, mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat kue seperti pastel, pangsit, dumpling, cheese stick, dan sebagainya.

Kemudian ada pula mesin pengaduk atau mixer adonan mie yang bekerja secara otomatis, harganya pun dijual cukup murah, sekitar Rp 2,1 juta saja. Mesin ini dapat membuat adonan atau dough mie dalam kurun waktu yang cukup singkat, yakni antara 3-10 menit. Selain membeli mesin yang baru, membeli mesin mie bekas juga bisa menjadi alternatif untuk menekan modal dalam memulai bisnis ini.

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top