Mengandung Diazepam, Berapa Harga Valisanbe 2 Mg?

Harga Valisanbe 2 Mg - www.bukalapak.comHarga Valisanbe 2 Mg - www.bukalapak.com

-obatan psikotropika yang khusus mengatasi depresi atau gangguan kecemasan pada dasarnya tidak bisa dibeli sembarangan, melainkan harus dengan resep . Sayangnya, sejak maraknya penjualan psikotropika secara , -obatan seperti Valisanbe pun menjadi mudah ditemukan di sejumlah e-commerce. Valisanbe sendiri tergantung dari kadarnya, yakni 2 mg, 5 mg, atau 10 mg (ampul).

Adapun harga Valisanbe 2 mg menurut Alodokter berkisar Rp2.200-3.000 per strip isi 10 tablet 2 mg (per box isi 10 strip). Sedangkan harga Valisanbe 5 mg di situs jual-beli online bisa mencapai Rp245 ribu per strip.

“Sejak tahun 1999, agak sulit menemukan obat (psikotropika) secara bebas di . Karena sulit, maka -penjual online sering kali bandel menjual obat-obatan seperti itu, ditambah lagi dengan kemunculan marketplace saat ini,” kata psikiater dari Psikomatik RS Omni, Tangerang, dr. Andri, SpKJ, FACLP, seperti dilansir Kumparan.

Lebih lanjut dr. Andri menerangkan, obat golongan psikotropika adalah obat-obatan untuk mengatasi gangguan kecemasan, depresi, skizofrenia, dan masalah terkait psikosomatik lambung. Oleh sebab itu, obat-obatan itu harus dengan resep dan pengawasan dokter.

“Contohnya diazepam, obat ini masuk golongan benzodiazepin yang biasanya digunakan sebagai obat penenang atau anti kejang. Obat ini sebenarnya berguna untuk anak-anak yang kejang, biasanya selalu sedia di rumah kalau punya anak. Tapi diberikan atas indikasi, tidak boleh sembarangan. Jadi diberikan oleh dokter,” jelas dr. Andri.

Sebagai informasi, Valisanbe merupakan salah satu obat yang mengandung Diazepam. Valisanbe adalah obat penenang untuk meredakan gangguan kecemasan, kejang, insomnia, terapi tambahan pada kondisi putus alkohol akut, hingga spasme otot.

Dibanding membeli obat psikotropika tanpa resep dokter, dr. Andri menyarankan masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apalagi karena obat-obatan generik seperti amitriptilin atau haloperidol juga tak terlalu sulit ditemukan dengan harga murah di seperti RSUD.

“Harganya murah dan ditanggung oleh BPJS juga. Seharusnya tidak masalah untuk diterima dari pasien-pasien yang berkunjung ke dokter-dokter di RSUD,” terangnya. Apalagi, konsumsi obat-obatan psikotropika tanpa resep dokter berisiko menimbulkan ketergantungan. “Itu artinya, akan menimbulkan persoalan baru dari masalah kejiwaan yang sudah ada,” tutupnya.

Loading...