Bisa Diolah Jadi Aneka Resep, Berapa Harga Usus Ayam Mentah?

Usus ayam mentah yang siap diolahUsus ayam mentah yang siap diolah - www.tokopedia.com

JAKARTA – Selain daging, salah satu bagian yang juga enak diolah menjadi adalah usus. Sejumlah kreasi yang dapat Anda coba antara lain tumis usus ayam bumbu kecap, keripik usus ayam, pepes usus ayam, hingga oseng usus ayam. Di pasaran sendiri, usus ayam mentah atau segar sekarang dijual dengan rata-rata Rp15 ribu hingga Rp18 ribuan per kilogram.

Tidak sulit mendapatkan usus ayam segar karena Anda bisa membelinya di sejumlah tradisional, swalayan, bahkan via situs jual beli . Rata-rata, menjualnya dengan harga Rp15.000 hingga Rp18.000 per kg. Ada pula yang menawarkan usus ayam mentah dengan harga Rp35 ribuan per kg dan diklaim sudah dibersihkan.

Namun, ketika memutuskan membeli usus ayam untuk dimasak sendiri di , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Fimela, karena usus ayam merupakan bahan yang rentan kotor dan terkontaminasi ketika mentah, ada kalanya kualitas usus ayam sudah tidak bagus lagi. Karena itu, Anda perlu memperhatikan sejumlah trik agar mendapatkan usus ayam mentah yang berkualitas.

“Perhatikan dulu penampilan usus ayam yang dijual, jika dijual dalam keadaan mentah, pastikan warnanya merah muda segar, tidak putih pucat,” tulis Fimela. “Jika warnanya sudah tidak segar, bisa jadi itu sudah lama. Jika dalam keadaan sudah matang, tinggal mengolah, lihat apakah warnanya kuning pucat segar.”

Selain itu, usus ayam mentah yang bagus biasanya memiliki tekstur yang empuk dan tidak kenyal. Jika kenyal cenderung alot, dikhawatirkan sudah diberi pengawet. Perhatikan pula bau yang dihasilkan usus ayam. Secara umum, usus ayam tidak memiliki bau yang menyengat meskipun berfungsi sebagai saluran pencernaan ayam. Dalam keadaan bersih, usus ayam hanya memiliki sedikit aroma amis dan itu wajar.

Apabila Anda ingin menghilangkan bau amis pada usus ayam, cuci dengan air yang mengalir, lalu lumuri dengan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Sementara, untuk menghilangkan kotoran pada usus ayam, setelah dicuci, Anda bisa merebusnya satu kali, kemudian buang airnya. Lalu, Anda bisa merebus usus ayam dengan campuran rempah-rempah.

Loading...