Jenis Unik dan Langka, Harga Ular Sanca Biru Capai Miliaran Rupiah

Ular Sanca BiruUlar Sanca Biru - www.resimrehberi.com

JAKARTA – Selain corak kulit seperti batik, ternyata ular sanca juga ada yang memiliki kulit tidak kalah eksotis, biru salah satunya. Ular sanca biru sendiri adalah sejenis ular sanca pohon yang karena faktor genetik, menyebabkan warnanya menjadi biru. Tergolong ular yang sangat , tidak heran jika kemudian sanca biru sangat .

Dilansir dari Liputan6, ular sanca yang sangat langka ini ternyata juga dapat ditemukan di wilayah , tepatnya di kawasan Papua, selain di Semenanjung Australia. Ular ini sering diincar sebagai karena punya warna yang sangat cantik, yang otomatis membuatnya harganya melambung tinggi. Konon, satu ekor ular sanca biru bernilai hingga Rp6 miliar.

Pada tahun 2017 lalu, seperti dikutip dari Pixpo, seorang pria yang hendak memancing tiba-tiba dikejutkan dengan seekor ular yang berwarna biru terang. Karena warnanya tidak lazim, ia menganggap ular itu sebagai mainan plastik. Namun, tidak disangka, ternyata ular itu bergerak. Ia pun kaget dan lantas membunuh ular itu dengan sebongkah batu. Setelah ia mem-posting pengalamannya, ia baru tahu kalau ular biru itu adalah Morelia viridis yang diperkirakan punya harga Rp1,5 miliar.

Apabila Anda juga tertarik memiliki ular sanca biru, ternyata harus melalui yang cukup berliku. Pasalnya, ini adalah jenis ular sanca yang langka dan punya nilai yang tinggi. Bahkan, untuk bisa mendapatkan ular sanca biru, calon pembeli juga harus melewati untuk mendapatkan lisensi di bawah aturan .

Meski demikian, Ketua Komunitas Pencinta Reptil Aspera, Roy Silalahi, mengimbau masyarakat awam tidak memelihara ular dan menganggap semua ular adalah berbahaya. Pasalnya, ular merupakan yang liar meski sudah dipelihara bertahun-tahun. Ular memiliki sifat yang berbeda dibandingkan hewan peliharaan lainnya seperti anjing atau kucing.

“Ular sanca misalnya, merupakan salah satu ular yang bisa tumbuh sangat panjang. Memelihara ular sanca berbahaya jika tidak ditangani oleh yang ahli,” ujar Roy. “Sebenarnya sanca memang tergolong jenis yang tidak berbisa, tetapi memelihara ular itu khusus buat yang expert-lah.”

Loading...