Tampilannya Indah, Harga Triplek Motif Kayu Terpaut Sedikit Lebih Mahal dari yang Biasa

Varian Triplek Motif Kayu - www.dekoruma.comVarian Triplek Motif Kayu - www.dekoruma.com

Triplek merupakan yang mudah ditemukan di mana saja. Triplek atau lapis mempunyai serat dengan motif yang cukup halus, sehingga banyak disukai untuk membuat aneka atau bahkan sebagai . Dibandingkan triplek biasa, triplek motif kayu biasanya dengan yang terpaut lebih mahal.

Triplek motif sungkai Cap 2 Ikan dengan tebal 3 mm misalnya, dijual seharga Rp160 ribu per lembar. Kemudian triplek teakwood motif twin doves 3 x 7 meter harganya dibanderol Rp125 ribu, triplek teakwood (lapis jati) 4 x 8 m dijual dengan harga Rp135 ribu, hingga triplek teakwood Cap 2 Ikan 4 x 8 meter harganya Rp165 ribu per lembar. Harga triplek motif kayu yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari barang dan penawaran pihak penjual.

Seperti diketahui, triplek atau kayu lapis sebenarnya ada banyak, mulai dari particle board, plywood, blockboard, teak block, medium density fiberboard (MDF), hingga melaminto. “Reputasi yang dimiliki triplek sendiri adalah fleksibel, terjangkau, mudah dibentuk, dan dapat didaur ulang. Namun, di satu sisi juga ada kekhawatiran bahwa triplek juga adalah material bangunan yang rapuh dan tidak tahan dalam berbagai kondisi,” demikian seperti dilansir Suara.

Triplek memiliki beberapa kelebihan, misalnya saja harga jualnya yang lebih terjangkau dibanding kayu solid seperti jati, pinus, atau mindi. Karakteristik triplek yang umumnya berupa lembaran yang tipis juga membuatnya lebih fleksibel dan mudah dibentuk untuk membuat aneka furniture. Selain itu, triplek memiliki permukaan yang halus, sehingga dapat dilapisi dengan resin atau melamin untuk menciptakan efek glossy alias mengilap pada permukaan meja atau countertop.

Selama ini banyak orang khawatir jika triplek bukanlah material yang tahan lama karena rawan lapuk dan terkena rayap. Padahal ternyata untuk triplek yang diproduksi dengan kualitas baik kabarnya mempunyai kekuatan yang hampir setara dengan kayu solid. Triplek berkualitas diklaim tak mudah berubah bentuk, bersifat anti rayap, dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pelapis lantai.

Loading...