Harga Tiket Relatif Murah, Naik Kereta Api Rute Malang-Jogja Lebih Efisien Waktu

Kereta Api Malang Jogja

Banyak warga Kota yang ingin berwisata atau menempuh pendidikan di Jogja. Untuk menempuh dari ke Jogja () dapat dilalui dengan sejumlah kendaraan bermotor, mulai dari mobil pribadi, travel, bus, kereta, bahkan pesawat. Namun, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan sarana karena tiketnya yang relatif terjangkau.

Umumnya, lama perjalanan yang harus ditempuh dari Malang ke Jogja adalah sekitar 7 hingga 8 jam. Sama halnya jika Anda memilih untuk menggunakan kereta api. Harga tiket kereta api Malang-Jogja bervariasi tergantung dari kelas dan jenis kereta api yang dipilih. Namun, satu kali perjalanan mulai Rp140.000.

bisa memilih kereta api yang sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari Malioboro Express, Gajayana, Bima, Malabar, atau Mutiara Selatan. Sejumlah kereta api tersebut menawarkan pilihan kelas dan waktu yang bisa disesuaikan oleh tiap . Ada kelas ekonomi, bisnis, maupun .

“Kereta Malabar (Malang Bandung Raya), kereta yang rangkaiannya terdiri dari gerbong ekonomi, bisnis dan eksekutif. Biasa saya pergunakan saat melakukan perjalanan pulang dari Malang menuju Jogjakarta. Kereta ini menjadi favorit  saya saat mengadakan perjalanan pulang karena tarifnya yang sangat terjangkau,” ungkap salah seorang penumpang.

Menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta api diakui oleh sejumlah penumpang lebih nyaman dan fleksibel. Berkat sejumlah perbaikan dan transformasi yang dilakukan PT KAI terhadap sistem perkeretaapian, saat ini penumpang bisa menikmati perjalanan antar kota naik kereta dengan lebih nyaman. Setiap kereta api seperti pada rute Malang-Jogja memiliki gerbong yang bersih. Fasilitasnya pun banyak dan keamanannya terjamin.

Berbeda dengan perjalanan dengan bus, penumpang tidak akan terjebak berjam-jam dalam kemacetan jika traveling ke luar kota dengan naik kereta. Terlebih jika perjalanan dilakukan selama musim liburan, yang mana arus kendaraan di tol memang super padat. Dengan memilih kereta api dianggap lebih efisien waktu.

Harga tiket kereta api juga lebih terjangkau daripada tiket pesawat. Penumpang bisa lebih hemat bujet transportasi liburan dan mengalokasikannya untuk mencoba kuliner di destinasi liburan. Saat ini membeli tiket kereta juga lebih mudah, tidak perlu lagi antre di stasiun atau minimarket yang bekerja sama dengan PT KAI. Pasalnya penumpang bisa dengan mudah memesan tiket kereta secara online.

Memasuki tahun 2018 ini, nilai dana Public Service Obligation (PSO) untuk PT KAI dipastikan akan mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut tercatat sebanyak 14 persen atau menjadi Rp 2,39 triliun dari PSO pada tahun sebelumnya, yang berada pada angka Rp 2,094 triliun.

Dalam keterangan tertulis, Zulfikri, Direktur Jenderal Perkeretaapian mengungkapkan dengan pemberian PSO ini, diharapkan masyarakat dapat menikmati layanan KA kelas ekonomi, baik antarkota maupun perkotaan dengan tarif terjangkau.

Nilai kenaikan kontrak PSO tersebut tertuang dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2018 Nomor SP DIPA-999.07.1.957337/2017 tanggal 29 Desember 2017. Penandatanganan kontrak PSO tahun 2018 tersebut dilaksanakan di Stasiun Pasar Senen pada Kamis, 28 Desember 2017, oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dan Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro.

Dalam kontrak ini, layanan kereta api kelas ekonomi yang memperoleh PSO, nilainya sama dengan tahun sebelumnya. Termasuk besaran tarif kereta api untuk tahun 2018, berlaku sama dengan tarif pada 2017.

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top