Sarat Akan Sejarah Perjuangan, Harga Tiket Masuk Tugu Pahlawan Surabaya Murah Banget

Tugu Pahlawan Surabaya - www.spesial.netTugu Pahlawan Surabaya - www.spesial.net

dikenal sebagai Pahlawan yang memiliki banyak perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah. Segala tersebut terangkum dengan baik di berbagai yang ada di Surabaya, termasuk Monumen Tugu Pahlawan. Monumen satu ini dibangun sejak 1951 untuk memeringati peristiwa 10 November 1945. Untuk masuk ke area monumen dan ini para pengunjung hanya perlu membayar masuk dengan Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk pelajar dan tiketnya gratis, cukup dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu tanda (KTM).

Di area monumen yang terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, ini terdapat museum tentang perjuangan para pahlawan pada 10 November 1945 di Surabaya. Dalam museum tersebut dilengkapi dengan berbagai diorama statis maupun yang menarik dan menggambarkan seperti apa sejarah di Surabaya. Selain itu, ada juga penayangan film pertempuran dengan visual efek mapping yang sangat menarik untuk disimak.

Tugu Pahlawan buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB. Khusus hari Sabtu dan Minggu, Tugu Pahlawan buka lebih pagi jam 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Menjelang peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun pada 10 November 2020 mendatang, Monumen Tugu Pahlawan pun direnovasi ringan dengan pengecatan.

Koordinator Lapangan (Korlap) Bidang Dekorasi Kota, Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Kobir menjelaskan bahwa pengecatan dilakukan menjelang Hari Pahlawan. “Kita kerjakan di sisi timur, saat ini sisi barat. Ini kita gosok dulu sebelum nanti dilakukan pengecatan. Kali ini kami gosok dulu baru nanti kita cat. Karena yang lalu tidak digosok. Selain itu kami juga memperbaiki kuna monumen karena ada retakan di sisi barat. Itu terlihat kalau dari barat,” ungkap Kobir.

Kepala UPTD Tugu Pahlawan Museum Sepuluh November, Rusdi Ismet menambahkan, sebelum dibuka kembali, pihaknya akan melakukan revitalisasi pada Monumen Tugu Pahlawan sejak September 2020 lalu. “Kami saat ini masih tutup. Ini kami gunakan untuk revitalisasi menjelang 10 November nanti. Jadi ketika dibuka nanti lebih baik lagi, dan akan menarik perhatian pengunjung,” ujarnya, seperti dilansir Jawapos.

Loading...