Harga Terus Naik, Buah Vanili Tak Cuma untuk Penyedap Makanan

Buah Vanili - ruanasagita.blogspot.co.id

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bubuk vanili yang biasa digunakan sebagai pengharum makanan atau lainnya. Nah, bubuk ini dihasilkan dari vanili yang berbentuk polong. Namun, selain untuk resep masakan, bubuk ini ternyata juga memiliki khasiat untuk menjaga tubuh, termasuk jantung dan mencegah jerawat. Saat ini, vanili berbentuk polong sekitar Rp12.500 untuk 4 gram dan bisa menembus Rp5 juta untuk bobot 1,4 kg.

“Selama ini, saya hanya menggunakan vanili menengah yang harganya Rp15 ribu per 50 mililiter sebagai bahan pengharum dan penyedap kue,” kata Titi, salah satu makanan skala rumahan, seperti dilansir Kumparan. “Pasalnya, harga vanili yang asli sekarang sangat mahal. Harganya lebih mahal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.”

Bumbu vanili yang terdapat di dalam makanan berasal dari bunga anggrek, yang mengandung buah-buahan seperti polong. Buang polong ini memiliki ukuran antara 5 cm sampai 22 cm dan dianggap berkualitas lebih tinggi bila lebih besar. Buah polong ini sendiri harus dipetik pada waktu yang tepat untuk memastikan bahwa biji polong tidak muncul dan warnanya sudah matang.

Ekstrak, biji, polong utuh, dan gula vanili umumnya digunakan sebagai penyedap dan pengharum makanan. Namun, menurut laman Organic Facts, tanaman ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi. Zat yang terdapat di dalam vanili, yaitu vanilin, telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, yang sangat penting bagi mereka dengan risiko mengalami serangan jantung dan stroke.

“Sifat anti-bakteri dari vanili juga mampu melawan jerawat karena bisa menghilangkan infeksi yang mendasarinya dan mempercepat penyembuhan kulit,” tulis situs tersebut. “Vanili juga sering dimasukkan dalam kebersihan dan kecantikan karena memiliki efek baik pada rambut dan kulit, terutama untuk memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok.”

Loading...