Punya Beragam Kegunaan, Harga Tepung Larut Mulai Belasan Ribu Rupiah

Harga Tepung LarutHarga Tepung Larut

Garut (Maranta arundinacea) merupakan jenis rimpang bawah tanah yang kaya dengan pati. yang juga kerap disebut Arrowroot ini mempunyai akar rimpang (umbi) yang bentuknya mirip busur tanah. Garut biasanya banyak diolah sebagai dengan sebutan garut, larut, alias jelarut. satu ini punya beragam kegunaan dan jualnya di pasaran pun tak terlalu mahal.

Di pasaran setidaknya ada beberapa merek tepung larut yang bisa ditemukan, seperti Tepung Larut Cap Burung 500 gram seharga Rp11 ribuan, kemudian ada tepung larut Cap Koki 1 kg dengan harga Rp32 ribu, tepung pati garut Lingkar Organik 500 gr harganya Rp29 ribu, tepung larut Sriti 500 gram Rp25 ribuan, dan masih banyak lagi merk lainnya.

Menurut Peneliti serta pangan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sunarti, umbi garut dan umbi gembili merupakan sumber pangan yang telah diteliti mempunyai serat pangan cukup tinggi.

“Kedua umbi itu sudah dilakukan uji klinis dengan diujicobakan pada yang terkena penyakit diabetes mellitus. Sunarti mengatakan, pangan yang memiliki kandungan serat pangan tinggi umumnya mengandung indeks glikemik (IG) rendah di bawah angka 55,” kata Sunarti, seperti dilansir Republika. Dan rupanya, kedua jenis umbi tersebut justru menghasilkan angka yang lebih rendah lagi hingga 32.

Sayangnya, umbi garut dan gembili sampai saat ini cukup sulit didapat karena jarang ditanam oleh petani. Jika dibudidayakan lebih banyak, tentunya dapat memberi manfaat kesehatan khususnya untuk penderita diabetes melitus sekaligus mengurangi ketergantungan pada pangan impor seperti gandum. “Bisa mengangkat pangan lokal, mengurangi ketergantungan kepada gandum yang tidak semua tubuh penderita bisa cocok,” ungkap Sunarti.

Tak cukup sampai di situ, garut kabarnya menyimpan banyak manfaat seperti membantu menurunkan berat badan, mengatasi diare, mendukung sistem kekebalan tubuh, cocok untuk dikonsumsi sebagai makanan diet bebas gluten pengganti tepung terigu, mengobati saluran kemih, meredakan sakit gusi dan mulut, dan masih banyak lagi.

Loading...