Alternatif Pakan Ternak, Harga Tepung Darah Dibanderol Terjangkau

Tepung darah (sumber: ceneo.pl)Tepung darah (sumber: ceneo.pl)

untuk bisa memanfaatkan limbah dari rumah potong hewan, misalnya bagian tulang dan (meat and bone meal) atau bahkan (blood meal) untuk diolah menjadi . tepung dibanderol antara Rp8 ribu hingga Rp14 ribuan per kilo (kg).

Sebagai informasi, darah merupakan limbah yang keberadaannya cukup melimpah dan bisa diperoleh di rumah potong hewan. Darah yang diolah menjadi tepung darah bisa dimanfaatkan terutama untuk pakan alternatif ternak unggas.

“Untuk meningkatkan protein dan asam amino tetapi tetap menghemat pakan menggunakan campuran pakan alternatif berupa tepung darah. Dan tepung darah juga bisa digunakan untuk pupuk yang membutuhkan kandungan (N) nitrogen tinggi,” kata salah satu penjual tepung darah.

Dalam Jurnal Peternakan Indonesia edisi Februari 2015 (Vol. 17) disebutkan bahwa tepung darah mengandung protein sekitar 80-85%, variasi dari kandungan tepung darah tersebut disebabkan perbedaan dalam pembuatan tepung darah. Tepung darah mengandung protein kasar sebesar 80%, lemak 1,6%, serat kasar 1%, tetapi miskin kalium dan phosphor. Darah sangat sulit untuk dikeringkan dan merupakan medium yang bagus untuk pertumbuhan mikroba karena kandungan air yang tinggi.

Selain itu, penggunaan tepung darah dalam pakan harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, terdapat asam amino esensial, yakni isoleusin, metionin, dan arginin yang jumlahnya sangat sedikit, sehingga apabila kekurangan salah satu asam amino bisa menurunkan produktivitas ternak.

Tepung darah pun mempunyai tingkat kecernaan yang rendah lantaran memiliki karakteristik yang cenderung lebih liat dan keras yang diduga mengandung serat-serat fibrinogen (komponen utama dari protein dalam gumpalan darah) sehingga bisa menghambat kecernaan bahan pakan lain dan berdampak pada penurunan produksi.

Secara lebih rinci, kandungan nutrisi tepung darah yang diperoleh dari hasil pengeringan dengan sinar matahari antara lain sebesar 90,33% bahan kering, 85,23% protein kasar, 1,49% lemak, 3,51% serat kasar, dan 2,06% abu. tepung darah bisa dibeli di toko-toko bahan pakan ternak atau distributor tepung darah terdekat.

Loading...