Cocok untuk Panjat Tebing, Ini Harga Tali Prusik Eiger

Tali Prusik EigerTali Prusik Eiger - www.tokopedia.com

JAKARTA – Di dalam negeri, Eiger menjadi salah satu brand yang sangat jika kita berbincang mengenai perlengkapan outdoor. Ada banyak untuk adventure yang sudah dirilis merk lokal asal Bandung ini, termasuk prusik. Di pasaran, prusik keluaran Eiger dijual dengan harga mulai puluhan ribu bahkan ratusan ribu per roll, tergantung panjang atau ukurannya.

Jika Anda penggemar olahraga outdoor semacam panjat tebing atau mendaki gunung, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan tali prusik. Tak cuma sebagai penambah kesan keren sebagai pendaki gunung, tali prusik dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan untuk kepentingan pendakian, antara lain sebagai tali hammock, sling runner, panjat ke atas, pengaman, memeras tali karmantel, hingga sebagai .

“Kalau dilihat dari bahan pembuatannya, tali prusik ini dapat dibedakan menjadi dua ,” tulis NAD Outdoorlife, sebuah media tentang kegiatan alam bebas. “Ada yang berbahan dasar nylon dan berbahan polyester. Kedua bahan ini memiliki kekuatan yang berbeda, tergantung dari diameter tali. Semakin besar, maka kekuatan tali akan semakin bertambah pula untuk menahan beban.”

Untuk model yang berbahan dasar nilon, biasanya digunakan sebagai tali bantu dalam kegiatan panjat tebing karena memiliki kekuatan yang besar untuk menahan beban. Simpul friksi dalam panjat tebing biasanya memakai jenis tali ini. Untuk mengetahui tali prusik berbahan nilon ini, bisa mengamati kulit luar tali. Jika terasa halus ketika diraba, tali dikatakan baik.

“Sementara, untuk model yang berbahan polyester, tidak dipakai untuk keperluan sebagai alat bantu dalam panjat tebing karena bahan ini tidak bisa menahan beban berat,” sambung NAD Outdoorlife. “Namun, bahan ini paling sering kita jumpai untuk pembuatan aksesoris seperti membuat gelang, kalung dan sebagainya.”

Eiger sebagai salah satu brand outdoor ternama pun tidak ketinggalan merilis produk tali prusik. Untuk ukuran ketebalan 2 mm dan panjang 40 meter, dijual dengan harga Rp35 ribuan per roll, sedangkan banderol ketebalan 3 mm dan panjang 105 meter berkisar Rp115 ribuan per roll. Namun, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp40 ribu per meter dan diklaim original.

Loading...