Harga Tak Menguras Kantong, Toples Plastik Kecil Bisa Tingkatkan Nilai Jual Produk Kuliner

Toples Plastik Kecil - wisata-kota-malang.blogspot.co.id

Packaging atau kemasan merupakan hal yang penting dalam dunia . Karena tak bisa langsung mencicipi rasanya, sebagian besar biasanya menilai sebuah memiliki rasa yang enak atau tidak dari tampilan luarnya. Oleh sebab itu tampilan kemasan menjadi yang penting untuk menentukan daya jual sebuah di . Banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang kini telah mempertimbangkan pemilihan kemasan yang lebih layak untuk -produk mereka seperti toples plastik kecil untuk mengemas makanan ringan seperti kue kering dan semacamnya.

“Saya mulai mengubah kemasan tahun 2012 saat ikut pemerintah kota, diberi tahu kalau kemasan produk bisa menaikkan segmen pasar, sehingga omzet juga naik,” ujar Diah Arfianti, pemilik Diah Cookies di Surabaya, seperti dilansir Kontan.

Sejak saat itu Diah mempermak kemasan produk kue keringnya dengan menambahkan boks karton untuk setiap toples kue yang ia jual. Tentu saja box karton yang digunakan bukan box polos biasa, melainkan sudah didesain dengan penyematan gambar dan brand Diah Cookies supaya tampak lebih eksklusif. Diah mengakui bahwa untuk urusan boks saja ia harus mengeluarkan modal antara Rp 10-20 juta.

“Ongkos produksi jadi naik Rp 3.000-Rp 4.000 per toples untuk tambah kemasan boks itu,” katanya. Meski demikian, Diah mengaku jika biaya yang dikeluarkan tersebut ternyata berbanding lurus dengan keuntungan yang didapatkan. “Saya pikir pembeli lama pergi, tapi justru dengan mengubah kemasan, pembeli lama maklum dan dapat pembeli baru,” sambungnya.

Toples sendiri ada bermacam-macam, ada yang terbuat dari plastik dan ada yang terbuat dari beling atau kaca. Untuk pedagang yang melayani pengiriman ke luar kota biasanya lebih menyukai kemasan toples dari plastik agar tidak mudah pecah saat berada dalam pengiriman. Toples plastik pun sangat bervariasi dan bentuknya, ada yang besar, kecil, ada yang berbentuk kotak, bulat, mirip guci, hingga yang berbentuk segi 8.

Harga toples plastik kecil bentuk kotak ukuran 200 gram sekitar Rp 3.500 saja, kemudian toples kecil bentuk tabung diameter 8,5 cm dan tinggi 6,6 cm harganya Rp 3.600, toples gentong 180 ml harga ecer Rp 4.000 per pcs, toples plastik belimbing kecil 290 ml tinggi 10 cm harganya Rp 5.000 per pcs, dan masih banyak lagi. Selain eceran, toples plastik kecil juga bisa dibeli secara grosir. Pembelian dalam banyak biasanya akan ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

Loading...