Bikin Motor Makin Oke, Berapa Harga Speedometer Satria FU Variasi?

Speedometer Satria FU Variasi - motorspunk.blogspot.comSpeedometer Satria FU Variasi - motorspunk.blogspot.com

JAKARTA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan menjadi semakin eye catching dan oke, salah satunya mengganti speedometer bawaan . Jika kebetulan kuda besi Anda adalah Satria FU keluaran Suzuki, saat ini tidak sulit mencari speedometer variasi untuk motor Anda, dengan harga yang lumayan terjangkau.

Di beberapa jual beli misalnya, satu set speedometer variasi untuk Satria FU ini dijual dengan harga berkisar Rp70 ribu hingga Rp100 ribuan. Tampilannya sangat eye catching, dengan panel indikator mengusung , dilengkapi dengan lampu latar LED beraneka warna, seperti ungu, hijau, kuning, merah, dan lain-lain.

Di samping itu, ada juga beberapa yang menawarkan speedometer Satria FU variasi dengan harga berkisar Rp140 ribu hingga Rp230 ribuan per set. Sementara, yang lain melepas satu set speedometer variasi atau custom ini dengan banderol mencapai Rp500 ribuan, sudah termasuk papan rpm dan stiker LCD.

Dilansir Motorplus, speedometer digital aftermarket (bukan bawaan asli) memang dinilai jadi ‘racun’ bagi para biker yang motornya masih menggunakan speedometer analog. Selain tampilan yang lebih keren, model digital aftermarket ini juga memiliki banyak fitur tambahan yang terkadang tidak ditemui pada analog.

Nah, apabila Anda sudah membeli speedometer digital, cara memasangnya ternyata berbeda-beda, tergantung yang digunakan. Menurut Abud dari Digital Speed di bilangan Jawa Timur, untuk tipe spesifik sesuai jenis motor tertentu, pemasangannya cukup plug and play. “Namun, untuk tipe universal, perlu pasang sensor tambahan,” katanya.

Contoh tipe spesifik yang tersedia adalah untuk Yamaha Jupiter MX135 atau Honda New Supra Fit yang memang memiliki bentuk identik dengan bawaan motor. Pemasangan cukup dengan mencopot pasang soket panel indikator bawaan dan kabel speedometer. “Sebetulnya, ada tiga kabel tambahan dengan tanda A untuk rpm ke pulser positif, tanda B untuk ke kabel tangki, dan tanda C untuk ke kontak,” imbuh Abud.

Loading...