Harga per Kg Cenderung Fluktuatif, Singkong Gajah Bisa Jadi Komoditas Menguntungkan

Singkong Gajah - www.faunadanflora.comSingkong Gajah - www.faunadanflora.com

Singkong sebenarnya termasuk salah satu pangan yang peminatnya cukup banyak. Akan tetapi, harga di pasaran memang tak secerah harga padi. Namun pada dasarnya, jika dibudidayakan secara benar dan memilih varietas yang tepat, hasil singkong bisa cukup menguntungkan. Salah satu singkong yang cukup unggul untuk ditanam adalah singkong gajah.

Singkong gajah adalah varietas unggul yang ditemukan oleh ilmuwan asal Kalimantan Timur, Prof. Ristono. Dan sesuai dengan namanya, ukuran singkong gajah memang jumbo alias cenderung lebih besar daripada singkong pada umumnya. Menariknya, dalam 1 pokok tanaman singkong gajah kabarnya mempunyai berat rata-rata mencapai 30-50 kilogram. Sedangkan singkong biasa bobot umumnya sekitar 3 kg saja per pohon.

Kelebihan bobot itu pula yang dinilai mampu mendatangkan keuntungan yang lebih berlipat ganda. Seumpama harga normal singkong saat ini berkisar Rp1.000 per kg, maka dengan satu pohon dengan umbi 30 kilo kira-kira mampu menghasilkan Rp30 ribu. Sedangkan untuk lahan 1 ha kabarnya bisa ditanami hingga 10.000 pohon.

Jadi saat memasuki masa panen 8 bulan kemudian, uang yang didapatkan bisa mencapai Rp300 juta atau rata-rata Rp37,5 juta. “Coba bayangkan, betapa menguntungkannya menanam singkong gajah. Itu baru 1 hektare, bagaimana kalau tanam 2 hektare, 3 hektare, 4 hektare. Kalah gaji bupati,” ungkap mantan bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, seperti dilansir Prokal.

Akan tetapi, harga singkong gajah saat ini memang cenderung . Sebelumnya sempat berada di level Rp700 – Rp 800 per kg di tingkat pengepul, kemudian sempat di harga Rp300-400 per kg. Padahal jika ingin untung, seharusnya singkong gajah ini bisa lebih dari Rp1.000 per kilo.

Tak hanya untuk bahan pangan saja, hasil panen singkong gajah biasanya juga dibutuhkan besar untuk pengolahan tepung, makanan, hingga pakan. Oleh sebab itu, jika ingin memulai budidaya singkong gajah, masyarakat mungkin bisa memanfaatkan lahan sisa atau pekarangan di rumahnya untuk kemudian ditanami singkong gajah. Terlebih karena harga bibit singkong gajah juga cukup murah, berkisar Rp50 ribuan per 1 kg.

Loading...