Unggulkan Dedicated Internet, Segini Kisaran Harga Berlangganan Astinet 2020

Layanan Internet untuk Keperluan Bisnis - www.completergo.comLayanan Internet untuk Keperluan Bisnis - www.completergo.com

Selama ini mungkin lebih banyak mengetahui layanan fiber optic IndiHome dari PT Telkom Indonesia. Padahal, selain IndiHome ternyata Telkom juga memiliki layanan dedicated melalui Astinet. Dibandingkan IndiHome, atau berlangganan Astinet tahun 2020 ini memang lebih mahal, tetapi menawarkan kecepatan internet yang diklaim lebih kencang dan stabil.

Jika IndiHome diperuntukkan pengguna residensial, maka Astinet biasanya ditujukan untuk korporasi () yang membutuhkan koneksi stabil dan cepat. Secara umum, langganan Astinet dibagi menjadi dua, yakni Astinet dan Astinet Lite. Astinet adalah layanan akses internet melalui saluran komunikasi tetap/dedicated (available 24 hours per day) dengan menggunakan gateway internet default dan IP address public milik Telkom.

Sedangkan Astinet Lite adalah layanan high end broadband internet access dari Telkom ke arah internet dan/atau dengan jaminan ratio bandwidth upstream dan downstream 1:4. Astinet Lite menggunakan internet resource milik Telkom (IP Address Non-Portable versi 4 maupun versi 6), digelar di atas beragam platform akses berbasis wireline atau wireless.

Adapun untuk biaya berlangganan Astinet bandwidth 1 Mbps dibanderol sekitar Rp3.450.000, 2 Mbps Rp5.962.000, 3 Mbps Rp8.475.000, 4 Mbps Rp10.987.500, dan 5 Mbps Rp13.500.000, belum termasuk biaya instalasi sebesar Rp2,5 juta. Sementara itu paket langganan Astinet Lite relatif lebih murah dan menyediakan bandwidth lebih banyak, antara 1-50 Mbps.

Monthly fee atau harga berlangganan Astinet per bulan di wilayah Jabodetabek dipatok antara Rp220 ribu hingga Rp5,52 juta, di Jawa Rp420 ribu sampai Rp8,24 juta, Sumater sekitar Rp570 ribu hingga Rp11,93 juta, serta Kalimantan dan KTI dikenai harga Rp600 ribu sampai Rp12,63 juta per bulan, belum termasuk pajak 10% dan biaya pemasangan Rp1,5 juta. Harga Astinet ini dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Menurut Manager PT Telkom Indonesia Witel Sulawesi Tengah, Bujung R. Allo, layanan Astinet jauh lebih unggul dari IndiHome. Jika untuk sekadar backup data, layanan IndiHome sebenarnya juga mampu. Tetapi, jika menginginkan internet lebih lancar dan tidak lambat, maka Astinet jawabannya. “Kualitas Astinet ini satu banding satu, sehingga jika berlangganan 2 MB saja, maka download dan lainnya tetap juga 2 MB. Jika IndiHome berlangganan 10 MB, memang dilihat besar, tetapi jika melakukan download hanya kecil,” tandasnya.

Loading...