Diklaim Berkhasiat untuk Atasi Gatal, Harga Sabun Daun Semambu Himalaya Rp50 Ribuan

Mandi Memakai Sabun - www.bustle.comMandi Memakai Sabun - www.bustle.com

Daun neem atau dalam Bahasa Melayu disebut daun semambu dan di disebut daun mindi, kabarnya memiliki banyak yang . Menariknya, daun satu ini bahkan diolah sebagai mandi oleh brand skincare Himalaya. herbal Himalaya Neem & Turmeric Soap 125 gram dengan sekitar Rp51 ribu per batang, cukup mahal jika dibandingkan dengan sabun mandi batangan pada umumnya.

asal India ini diklaim mengandung neem dan kunyit yang memiliki sifat anti dan anti jamur untuk melindungi kulit dari kondisi lingkungan yang buruk. Minyak neem atau daun semambu disebut-sebut bermanfaat untuk mengurangi kulit kering dan menenangkan gatal, kemerahan, atau iritasi. Bahkan neem juga diklaim dapat memperbaiki kesehatan dan kekebalan tubuh secara umum hingga melawan infeksi seperti jerawat dan bisul.

Sementara itu, kunyit berkhasiat sebagai anti inflamasi yang kuat, mampu menenangkan kulit secara lembut, serta diklaim dapat membantu memertahankan elastisitas kulit dan membuatnya terasa lebih kenyal.

Sebelumnya juga heboh beredar kabar di Malaysia bahwa mandi dengan daun nim dan bubuk kunyit diklaim dapat mencegah paparan corona (Covid-19). Namun, Kementerian Kesehatan dan pakar medis Malaysia buru-buru menyanggah kabar tersebut dan mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim menyesatkan itu.

“Harus ada bukti ilmiah untuk menunjukkan bahwa virus itu langsung menyerang virus dan itu harus dilakukan dengan eksperimen yang tepat. Sebagian besar waktu, ketika Anda membaca tentang ini, tidak ada bukti,” kata Profesor Dr. Shamala Devi Sekaran, seorang ahli imunologi dan virologi dari Universitas Mahsa seperti dilansir Pikiranrakyat.

Kemudian ahli epidemiologi dari Universitas Malaya, Profesor Dr. Awang Bulgiba Awang Mahmud pun mengatakan hal yang tak jauh berbeda. Menurutnya, daun mindi atau daun mimba diketahui tidak efektif untuk mengobati penyakit lain. “Apa yang dikatakan efektif dapat ditemukan dalam satu atau dua kasus dan mungkin tidak ada hubungannya dengan daun mimba,” tandasnya.

Pemakaian daun semambu untuk pengobatan perlu dilakukan dengan pengawasan dan hanya disarankan dalam dosis ringan untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak kabarnya daun mindi dapat menimbulkan efek samping seperti menyebabkan koma, kejang, muntah, hilang kesadaran, hingga kematian.

Loading...