Harga Rp39 Ribuan, Minyak Goreng Barco Diklaim Terbuat dari Minyak Kelapa Asli

Harga Minyak Goreng Barco

goreng yang berasal dari kelapa bisa menjadi salah satu opsi menarik bagi para ibu rumah tangga ketika ingin menyajikan hidangan yang menyehatkan untuk keluarga. Saat ini pun, tidak sulit mendapatkan goreng yang berasal dari kelapa. Merek Barco misalnya, yang diklaim terbuat dari kelapa asli, sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp39 ribuan per liter atau Rp65 ribuan untuk kemasan dua liter.

Barco sendiri bisa dikatakan sebagai pemain lawas dalam minyak goreng di Indonesia. Resmi berdiri pada tanggal 20 Juli 1959, PT Barco (Banjoemas Refined Coconut Oil) bertujuan untuk melakukan proses lebih lanjut minyak kelapa kasar menjadi minyak goreng, yang kemudian ditawarkan dalam kemasan botol, kaleng, dan juga drum, yang selanjutnya disusul dengan penjualan kemasan plastik.

Sayangnya, penggunaan minyak yang tumbuh pesat dalam dua dekade terakhir menggerus keberadaan minyak goreng kelapa seperti Barco. Minyak Barco sekarang tidak mudah ditemukan di . Di modern market, kemasan pouch ini hanya sesekali terlihat bertengger rak. Kalaupun ada, peletakan minyak tersebut jarang berada pada posisi eye level.

“Satu jerigen minyak Barco ukuran lima liter selalu masuk dalam daftar belanja bulanan ibu saya, tiga dekade silam, dan sampai sekarang merek itu masih melekat kuat di ingatan,” kata Nurur R. Bintari, dalam satu tulisannya mengenai produk ini. “Namun, saya ragu hal serupa juga terjadi pada generasi adik-adik saya ke depan.”

Meski gaung minyak Braco memang tidak terlalu terdengar, tetapi produk tersebut ternyata juga dipasarkan ke beberapa negara di . Permintaan minyak kelapa memang mengalami peningkatan, terutama di pasar Eropa, salah satunya perubahan lifestyle di sana terhadap penggunaan makanan yang berpengaruh terhadap permintaan minyak kelapa.

“Minyak kelapa Indonesia memang lebih banyak untuk konsumsi dalam negeri, tetapi setiap tahun, permintaan untuk pun mengalami peningkatan yang cukup besar,” ujar Presiden Direktur PT Barco, David Surono. “Kami saat ini memang baru mengekspor ke Hongaria, China, Taiwan, dan Korea. Namun, ke depannya, kami akan mencoba masuk ke pasar .”

Loading...