Kuliner Khas Betawi, Berapa Harga Roti Buaya di Lauw Bakery?

Ilustrasi : Kuliner Khas Betawi Roti Buaya - kurio.id

Jika Anda berencana melangsungkan dengan Betawi, Anda tidak boleh sampai meninggalkan buaya untuk seserahan, yang sudah menjadi tradisi turun-temurun. Tidak sulit mendapatkan tersebut, karena sudah ada banyak yang menjualnya, termasuk di Lauw Bakery. roti buaya sendiri dibedakan berdasarkan serta jumlah yang dibeli.

Dalam seserahan pernikahan adat Betawi, biasanya disertakan dua roti buaya, satu berukuran besar dan yang lainnya berukuran kecil. Dilansir dari Kompas, roti yang berukuran besar melambangkan mempelai pria, sedangkan yang berukuran kecil melambangkan mempelai wanita. Ada pula beberapa roti buaya yang sangat kecil sebagai perlambang bahwa mempelai wanita siap melepas masa lajang dan menjadi istri untuk memberikan keturunan kepada mempelai pria.

“Roti buaya ini adalah simbol lanjut kehidupan. Karena, si buaya siluman ini menjaga salah satu sumber kehidupan, yakni entuk atau sumber mata air,” kata Yahya Andi Saputra, seorang budayawan Betawi. “Bentuk buaya ini yang akhirnya dipilih menjadi simbol melanjutkan kehidupan baru dalam proses pernikahan, yang dalam istilah bahasa Betawi lama disebut sebagai aji putih nagaraksa.”

Yahya melanjutkan, roti buaya yang kita kenal saat ini ternyata tidak selamanya dibuat dari roti. Sebelumnya, masyarakat Betawi membuat bentuk buaya dari anyaman daun kelapa. Kemudian, ada juga para tukang, ahli yang membuatnya dari kayu, dibentuk dan diukir menjadi seperti buaya. “Ketika industri pabrik roti mulai ada di Nusantara sekitar akhir abad ke-17, bentuk buaya pun mulai dibuat menggunakan roti,” sambung Yahya.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan roti buaya, terutama bagi Anda yang berdomisili di Jakarta. Ada banyak toko roti yang menjualnya, dan salah satu yang menjadi favorit adalah Lauw Bakery. Sudah membuka cabang di beberapa lokasi, seperti di Pondok Aren, Fatmawati, dan Pulogadung, toko ini konon sudah eksis sejak tahun 1960-an dan tetap setia menawarkan kuliner lawas, termasuk roti buaya dan roti gambang.

Lauw Bakery menjadi rujukan banyak karena punya produk roti yang tebal dan mengenyangkan. Selain itu, yang ditawarkan roti mereka konon tidak berubah dari dulu hingga sekarang. Yang menjadi favorit adalah roti gambang yang dijual dengan harga mulai Rp7 ribuan saja. Sementara, apabila Anda mencari roti buaya di toko ini, harganya berkisar Rp10 ribuan untuk ukuran mini.

Loading...