Harga Ratusan Ribu Rupiah, Alat Penambah Daya Listrik Ilegal?

Alat Penambah Daya Listrik - www.bukalapak.comAlat Penambah Daya Listrik - www.bukalapak.com

Daya di yang relatif kecil memang bisa menjadi masalah, terutama jika Anda membutuhkan pasokan listrik yang lebih besar untuk sehari-hari. Untuk memfasilitasi tersebut, saat ini sudah banyak , baik offline maupun , yang menawarkan penambah daya listrik dari berbagai dengan harga berkisar ratusan ribu .

Alat penambah daya listrik merek FTP misalnya, yang ditawarkan di salah satu jual beli online, dikatakan mampu membantu meningkatkan daya listrik rumah hingga tiga kali lipat. Alat ini juga disebutkan tidak melanggar ketentuan dari PLN karena tidak mengganggu atau mengubah meteran yang ditetapkan oleh perusahaan milik negara tersebut.

Ditawarkan dengan harga mulai Rp650.000, alat ini memiliki spesifikasi input PLN minimal 450 Watt, output alat hingga maksimal 3.500 Watt, memiliki kipas pendingin, menggunakan pengaman MCB 16A, mempunyai pilot lamp, dan punya kabel dengan panjang 1,5 meter. “Jika digunakan pada listrik 450 Watt, alat ini dapat membantu menghidupkan satu set komputer, printer laser 1.000 Watt, kipas angin, dan penerangan,” klaim penjual.

Di samping itu, ada juga Z-San Power Elektrik, yang disebutkan mampu menguatkan daya listrik dari semula 1.300 Watt menjadi 3.000 Watt. ini diklaim memiliki kelebihan, di antaranya mampu menyerap panas dan beratnya beban perabotan listrik yang digunakan sehingga otomatis dapat menghemat bulanan tagihan listrik. Di dalam salah satu situs jual beli online, Z-San Power Elektrik ini ditawarkan dengan harga mulai Rp750.000.

Untuk produk yang lebih terjangkau, tersedia dalam merek Vectra. Produk yang disebut sebagai automatic super starting invertor ini dikatakan mampu mengatasi masalah kekurangan daya listrik PLN yang terpasang di rumah. Dengan kapasitas 3.500 Watt, alat yang dijual dengan harga mulai Rp150.000 ini disebut cocok untuk refrigerator, AC, water pump, freezer, dan lain-lain.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pemakaian alat penambah daya listrik ini dibenarkan atau termasuk tindakan ilegal? PLN sendiri mengatakan bahwa jika ada masyarakat yang ingin menambah daya listrik di rumahnya, agar melapor ke PLN, dan perusahaan akan memproses dengan mengecek kelayakan instalasi listrik di rumah sebelum melakukan proses penambahan daya.

Loading...