Sumber Fosfor yang Baik, Segini Harga Pupuk TSP Non Subsidi

Harga Pupuk Non Subsidi - smartagripost.comHarga Pupuk Non Subsidi - smartagripost.com

Dalam dunia ada begitu banyak yang digunakan oleh para , baik subsidi dan non subsidi. Di antaranya ada KCL, ZA, urea, SP-36, NPK, hingga TSP. Harga non subsidi sampai tahun 2020 ini tentunya relatif lebih mahal dibanding bersubsidi.

Sebagai , harga pupuk TSP non subsidi Fertiphos hitam Rp5.750 sampai Rp7.000 per 1 kg kemasan repack. Kemudian pupuk TSP 46 merk Meroke harganya Rp13.000 per 1 kilo, pupuk TSP 1 kg Triple Super Rp17.000, pupuk TSP kemasan botol 300 gram Rp8.000, dan pupuk TSP Cap Daun Sawit 1 kg Rp9.299. Harga pupuk TSP non subsidi yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Lalu, apa sebenarnya kegunaan dari pupuk TSP dalam dunia pertanian? “Triple superphosphate (TSP) adalah salah satu pupuk anorganik yang memiliki kandungan fosfor (P) tinggi pertama yang banyak digunakan pada abad ke-20 Secara teknis, pupuk ini dikenal sebagai calcium dihydrogen phosphate dan juga monocalcium phosphate, [Ca(H2PO4)2.H2O]. Meskipun memiliki sejarah yang sangat baik sebagai sumber P, penggunaannya telah menurun karena pupuk P lainnya telah menjadi lebih ,” demikian seperti dilansir dari Pertanian.go.id.

Tanaman yang kekurangan fosfor akan terhambat pertumbuhannya, mempunyai perakaran yang lemah dan secara abnormal, daun tak normal biasanya hijau tua, bibit lebih sedikit, periode pematangan yang panjang, dan produktivitas rendah atau tak akan sering berbuah.

Pupuk TSP memiliki beragam manfaat, mulai dari mempercepat pertumbuhan sistem perakaran pada tanaman muda, mempercepat pematangan buah, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap pembekuan dan kekeringan, menghilangkan pengaruh negatif dari pemupukan nitrogen satu sisi, dan masih banyak lagi.

Walaupun pupuk TSP adalah sumber pupuk P yang dinilai sempurna, namun penggunaannya bisa digantikan dengan pupuk P varian lain, seperti Rock Phosphate, SP36, DAP, dan sebagainya. Hampir 90% kandungan P dalam pupuk TSP bersifat mudah larut dalam air (water soluble), sehingga bisa dengan cepat/segera tersedia untuk diserap tanaman.

Loading...