Berguna untuk Atasi Sakit Maag, Berapa Harga Pumpitor Omeprazole 20 mg?

Obat untuk Atasi Sakit MaagObat untuk Atasi Sakit Maag

Penyakit atau semacamnya sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai , salah satunya yang mengandung Omeprazole. Di pasaran Omeprazole dalam berbagai dagang, misalnya Pumpitor. Pumpitor tersedia dalam wujud tablet 20 mg dan injeksi 40 mg. Adapun Pumpitor Omeprazole Capsule 20 mg di Apotek K24 berkisar Rp19.315 per tablet, sedangkan di lain Pumpitor 20mg 1 strip isi 10 kapsul dijual sekitar Rp167 ribuan hingga Rp172 ribuan.

Pumpitor 20 mg sendiri merupakan obat dengan Omeprazole yang dapat mengatasi tukak lambung, tukak usus besar, pengobatan gastro esophageal reflux disease (GERD). Pumpitor digolongkan sebagai penghambat pompa proton/proton pump inhibitor (PPI). Obat ini menekan sekresi asam lambung dengan cara menghambat secara spesifik dan irreversible pompa asam dalam mukosa lambung. Pumpitor 20 mg tergolong obat keras yang dapat dibeli dengan resep dokter.

Dibandingkan obat Ranitidin yang sebelumnya telah ditarik oleh BPOM, obat yang mengandung Omeprazole disebut-sebut relatif lebih aman untuk mengatasi sakit maag atau produksi asam lambung berlebih. “Untuk amannya para dokter meresepkan obat non ranitidin untuk kasus lambung, seperti golongan PPI (proton pump inhibitor atau penghambat pompa proton) yaitu omeprazole, lansoprazole, dan lain-lain,” kata dokter spesialis penyakit dalam dr Etra Ariadno SpPD dari RSAL Dr Mintohardjo, seperti dilansir Detik.

Selain mengonsumsi obat-obatan tersebut, para penderita sakit maag juga sebaiknya belajar untuk mulai mengubah gaya hidup. Misalnya dengan menghindari makanan yang merangsang produksi asam lambung, seperti makanan pedas, asam, serta memiliki jadwal makan yang tepat waktu setiap harinya. “Selain itu, istirahat cukup, hindari stres, dan cemas. Karena itu juga faktor penting,” kata Ketua Bidang Advokasi PAPDI Prasetyo Widhi Buwono.

Penggunaan obat Pumpitor 20 mg harus sesuai dengan petunjuk dokter. Biasanya untuk dewasa disarankan mengonsumsi Pumpitor 20 mg dengan dosis sebanyak 20-40 mg per hari. Khusus penyakit ulkus duodenum dapat dikonsumsi selama 2-4 minggu, ulkus lambung dan refluks esofagitis selama 4 minggu serta dapat dilanjutkan hingga 4 minggu apabila gejala tidak membaik.

Loading...