Punya Daun yang Unik, Harga Pohon Ketapang Kencana Varigata Bisa Capai Jutaan Rupiah

Pohon Ketapang Kencana Varigata - bihantaman.comPohon Ketapang Kencana Varigata - bihantaman.com

pohon peneduh sangat beragam, salah satunya pohon ketapang. Pohon satu ini ada bermacam-macam varietasnya, mulai dari ketapang biola, ketapang kencana, hingga ketapang kencana variegata. Dibanding pohon ketapang kencana biasa, pohon ketapang kencana varigata memang relatif lebih mahal. 

Maklum saja, tampilan daun ketapang kencana varigata berpadu antara hijau dan putih kemerahan, sehingga tampak begitu indah ketika sudah mulai tumbuh rimbun. Sedangkan ketapang kencana biasa daunnya berwarna hijau saja. Tumbuhan dengan nama latin Terminalia mantaly ini memiliki daun yang berukuran kecil dengan tajuk yang mendatar dan berlapis-lapis, seperti kerabat satu marganya, ketapang T. catappa. Tak heran bila tumbuh endemik Madagaskar ini banyak dijadikan penghias atau di rumah. Bahkan kabarnya tinggi pohon ketapang kencana varigata bisa mencapai 7-10 meter.

Selain dari segi daun, ketapang kencana varigata relatif lebih banyak disukai karena akarnya tidak merusak struktur tanah. Sedangkan untuk ketapang kencana biasa pertumbuhannya yang masif bisa saja merusak struktur beton atau semacamnya.

Adapun harga bibit ketapang kencana varigata di kisaran Rp45 ribu sampai Rp75 ribu. Sedangkan untuk tanaman yang sudah tumbuh menjadi pohon setinggi 60 cm harganya Rp160 ribu, ketapang kencana varigata 1 meter mulai Rp250 ribu, lalu yang tingginya 1,5 meter lebih Rp2,25 juta, tinggi 2 meter harganya Rp3 juta, dan yang tingginya 2,5 meter bisa dijual mencapai Rp4,8 juta per pohon. Luar biasa sekali bukan?  

Selain dari segi warna dan karakter pohon yang rimbun, tanaman ketapang kencana varigata masih tergolong langka, oleh sebab itu harga jualnya di pasaran terbilang fantastis. Menurut salah satu penjual tanaman bernama Andri Kumbie, perawatan ketapang kencana varigata terbilang mudah. Bahkan tanaman ini juga bisa ditanam di pot berukuran besar.

Andri mengaku hanya menyiram ketapang kencana varigata sebanyak 1 kali dalam sehari tiap pagi. Tetapi bila ukurannya sudah mencapai setinggi 2 meter, penyiraman dapat dilakukan hanya 2 hari sekali. “Selain disiram juga bisa dikasih pupuk. Kalau mau subur setiap 2 bulan sekali dikasih pupuk NPK atau kandang secukupnya atau sekepal tangan,” ucapnya, seperti dilansir Jitunews.

Loading...