Cegah Gulma, Berapa Harga Plastik Mulsa 1 Roll?

Harga Plastik Mulsa - www.tokopedia.comHarga Plastik Mulsa - www.tokopedia.com

JAKARTA – mulsa menjadi salah satu atau yang cukup familiar di kalangan . Ia berperan penting dalam pengembangan tanaman hortikultura, salah satunya menjaga pupuk tanaman agar tidak hanyut terbawa air ketika hujan. Di sendiri, sudah banyak yang merilis plastik ini dan biasanya dengan harga ratusan ribu untuk 1 roll.

“Plastik mulsa ini baik digunakan untuk aneka tanaman sayur dan buah. Ini adalah sarana dan prasarana yang baik,” kata Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, dilansir Jawa Pos. “Dibandingkan dengan budidaya konvensional, penggunaan mulsa memiliki beragam manfaat, misalnya menjaga kelembapan tanah, mengurangi evapotranspirasi, menekan perkembangan gulma, dan mengurangi kehilangan pupuk akibat penguapan.”

Suwandi menambahkan, plastik mulsa ini sering dinamakan hitam perak karena terdiri dari dua tersebut. Lapisan berwarna perak berada di bagian atas, sedangkan lapisan berwarna hitam terletak di bagian bawah. perak memberikan manfaat sebagai pemantul cahaya matahari. Dengan pemantulan balik ini, membuat proses fotosintesis menjadi lebih maksimal.

Sementara itu, warna hitam yang diletakkan di bagian bawah mampu menyerap panas sehingga suhu pada perakaran menjadi lebih hangat. Dengan suhu yang hangat, maka akar akan berkembang optimal. “Pemakaian warna hitam ini diklaim mampu mencegah sinar matahari tembus ke dalam tanah sehingga dapat menekan pertumbuhan gulma,” sambung Suwandi.

Tidak sulit mendapatkan plastik mulsa karena bahan ini sudah dijual bebas di pasaran. Harganya bervariasi, namun berada di kisaran ratusan ribu rupiah per roll. Untuk ukuran lebar 100 cm misalnya, dijual dengan harga Rp395 ribuan hingga Rp490 ribuan per roll, sedangkan ukuran lebar 1,2 m ditawarkan dengan harga Rp750 ribu hingga Rp800 ribuan per roll.

Harga plastik mulsa memang relatif mahal. Untuk itu, beberapa waktu lalu, salah satu dosen Fakultas Peternakan UGM, Bambang Suwignyo, sempat mengembangkan inovasi berupa mulsa ramah lingkungan dari sisa jerami. Pemakaian bio mulsa ini diklaim memiliki fungsi ganda. Selama belum terdekomposisi, bio mulsa berfungsi sebagai mulsa dalam arti sesungguhnya dan setelah terdekomposisi, ia berfungsi sebagai pupuk bagi tanah.

Loading...