Harga Pasaran Cukup Terjangkau, iPhone 5s Second Tetap Diminati Pecinta Gadget

iPhone 5 S - (Sumber: three.co.uk)

Walaupun telah beredar di versi terbaru dari iPhone, tetapi versi lama dari tersebut masih tetap diminati. Salah satunya adalah seri 5s. Seri tersebut masih tetap populer di kalangan pecinta , khususnya bagi mereka yang ingin memiliki buatan dengan harga terjangkau.

Ponsel model lama besutan Apple tersebut hingga sekarang masih bisa ditemui di beberapa marketplace di dalam kondisi second. Harganya juga bisa dibilang terjangkau, untuk iPhone 5 32GB second dengan harga terendah mulai dari Rp 1.500.000. Kemudian harga pasaran iPhone 5S (second) dibanderol mulai dari Rp 2.200.000, bahkan ada yang menjual Rp 800.000.

Dari segi desain iPhone 5S sepintas masih identik dengan versi sebelumnya (IPhone 5), namun yang paling mencolok adalah dukungan chip A7 64-bit yang dan co-processor M7 motion. Selain itu ada juga sensor sidik jari serta beberapa fitur fotografi dan video. Kedua ponsel ini sama-sama dibekali dengan retina display berukuran 640 x 1136 piksel dengan kepadatan layar 326 ppi. Dimensinya juga masih sama, yakni tinggi 123.8 mm, lebar 58.6 mm, tebal 7.6 mm, dengan berat 112 gram.

Tombol home iPhone 5S tidak memiliki kotak persegi di bagian tengah seperti versi sebelumnya dan telah dilengkapi dengan sensor sidik jari. untuk performa iPhone 5S, perbandingan benchmarking lebih komprehensif dan terasa lebih cepat dari pada iPhone 5.

Tetapi, apakah memang benar setelah muncul beberapa seri baru dari iPhone membuat seri yang lama terasa lama atau lambat? Menurut data, hal tersebut tidak benar. Data menunjukkan adanya konsistensi untuk iPhone 5, iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone 7 dengan iOS yang update. Namun, hal tersebut bukan berarti ponsel terasa lebih lambat.

Hal tersebut ditunjukkan oleh data dari hasil benchmarking perusahaan Futuremark. Perusahaan tersebut mengumpulkan lebih dari 100.000 tes benchmarking dari iPhone 5s ke iPhone 7, dan meratakan kinerja serta chip grafis (GPU) sebulan sekali antara bulan April 2016 dan September dengan berbagai versi perangkat lunak Apple. Dari iOS 9 ke iOS 11.

“Performa GPU iPhone 5S tetap konsisten dari iOS 9 ke iOS 11, dengan hanya variasi kecil yang terjatuh dengan baik dalam tingkat normal.” ujar Futuremark.

Kinerja prosesor dinilai sama-sama konsisten, sehingga perusahaan tersebut menyimpulkan, “Jelas bahwa pembaruan iOS belum berpengaruh signifikan terhadap kinerja,” tambah Futuremark.

Performa grafis untuk iPhone 6, 6S dan 7 juga dinilai tetap konsisten, sementara kinerja prosesor sedikit menurun dengan update IOS berturut-turut. “Grafik untuk kinerja CPU menunjukkan penurunan kinerja yang sangat kecil dari waktu ke waktu, hal ini mungkin karena pembaruan IOS atau faktor lainnya. Namun, pengguna tidak mungkin memperhatikan perbedaan kecil ini dalam penggunaan sehari-hari,” kata Futuremark.

Sementara tolok ukur menunjukkan bahwa kinerja prosesor dan grafis tidak terhambat dengan pembaruan IOS secara berturut-turut, sangat mungkin orang merasa bahwa ponsel cerdas mereka melambat dari waktu ke waktu.

Loading...