Harga Pakan Makin Mahal, Harga Telur Bebek Hari Ini Di Blitar Berkisar Rp 1.700-2.250

Telur Bebek - www.indotrading.com

Sebagian besar lebih senang mengonsumsi telur ayam dibandingkan telur bebek. Telur bebek mentah biasanya lebih banyak digunakan sebagai olahan seperti martabak atau -jenis lain. Di Blitar yang merupakan salah satu penghasil telur , telur bebek hari ini diperdagangkan pada kisaran Rp 1.700 hingga Rp 2.250 per butir. Jika diasinkan menjadi telur asin, jual telur bebek asin bisa meningkat jadi lebih dari Rp 3 ribuan.

Sayangnya di beberapa seperti Malang, harga telur bebek sejak beberapa bulan lalu kurang menguntungkan. Bahkan pada bulan Juli 2017 lalu harga telur bebek hanya berkisar Rp 800 hingga Rp 1.000 saja per butirnya. Sejumlah peternak bebek di Desa Sawahan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kabarnya mulai merugi karena harga telur bebek yang anjlok. Padahal Desa Sawahan adalah sentre peternak bebek terbesar di Malang Raya.

“Kebetulan saya juga beternak bebek. Dalam sehari, biasanya dapat 7 ribu telur bebek. Ada 10 ribu ekor bebek petelor yang saya ternak. Terkait anjloknya harga telur dan mahalnya harga pakan bebek sudah terjadi sejak bulan September tahun 2016 lalu. Sebelumnya harga satu telur bebek bisa mencapai Rp 1.500 sampai Rp 2 ribu rupiah. Tapi kini harga jual satu telur bebek cuma 800 rupiah sampai seribu rupiah saja,” beber Kepala Desa Sawahan, Sunarko, seperti dilansir Berita Jatim.

Menurut Sunarko, harga jual telur bebek yang murah tak sebanding dengan harga pakan yang malah semakin melonjak. Rata-rata harga pakan bebek naik jadi Rp 5.000 per kilogram. Padahal kata Sunarko, sebelumnya harga pakan bebek masih di bawah Rp 3.000 per kg.

Hambatan berikutnya yang dirasakan oleh para peternak bebek adalah kesulitan untuk memasarkan telur-telur bebek hasil . “Saat ini peternak sangat sulit memasarkan telur bebek. Kami berharap adanya pembinaan lanjutan oleh dinas terkait,” ujar Sunarko.

Lebih lanjut Sunarko menjelaskan jika pembinaan dari Dinas Peternakan dan Kabupaten Malang hingga kini masih berkutat pada topik ramah lingkungan saja. Menurutnya belum ada pembinaan seputar nutrisi pakan ternak. “Kami berharap binaan lanjutan ini seperti soal nutrisi pakan ternak, setidaknya ada petugas penyuluh lapangan (PPL). Tapi sampai hari ini, tidak ada seorang PPL pun yang datang,” pungkasnya.

Loading...