Harga Pakan Ikan Sinta Sedang Naik, Daya Beli Masyarakat Menurun

Harga Pakan Ikan - www.florentinemasonry.comHarga Pakan Ikan - www.florentinemasonry.com

di daerah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sedang mengalami kenaikan. Kondisi ini banyak dikeluhkan oleh para pakan karena daya beli masyarakat yang terus menurun. Bahkan kabarnya penurunan daya beli masyarakat setempat mencapai sekitar 20%. Harga pakan seperti Sinta pun disebut-sebut sudah naik sejak beberapa bulan belakangan.

Menurut salah seorang pakan ikan di Jalan Pasirhayam Cianjur, Hengky Irawan, kini beberapa pakan ternak sedang naik. “Saat ini untuk harga pakan ayam merek Pokphand mencapai Rp390 ribu sebelumnya seharga Rp360 ribu per 50 kilogram. Sedangkan pakan merk Sinta BR21E seharga Rp310 ribu dari Rp285 ribu per 50 kilogram,” ujar Hengki, Rabu (20/11) lalu, seperti dilansir Dara.

Sebagai informasi, Sinta memiliki beberapa jenis pakan ikan. Misalnya saja untuk pakan Sinta kode SNA-1 harga per kilo-nya berkisar Rp10 ribuan, dengan harga per karung mencapai Rp306.900. Lalu ada kode SNA-2 seharga Rp9.560 per kg atau Rp286.800 per karung, kode SNA-3 harganya Rp9.400 per 1 kg atau Rp282 ribu per karung, dan kode SNA-5 berkisar Rp9.400 per kg atau Rp282 ribu per karung.

Tak hanya Pokphand dan Sinta, pakan ikan merek Cargill juga disebut naik dari Rp150 ribu menjadi Rp175 ribu per 30 kg. Pakan ikan Cargill rupanya telah naik selama 2 bulan terakhir ini. “Akibat terjadinya kenaikan harga pakan itu, daya beli pakan mengalami penurunan. Sebelum naik dalam satu hari mampu menjual pakan sebanyak 500 kilogram per hari, kini hanya mencapai 300 kilogram saja,” beber Hengky.

Di sisi lain, salah seorang peternak ikan bernama Lukman mengaku, sejak kenaikan harga pakan ikan, ia pun lebih memilih mengurangi jumlah ikan yang ada dalam kolam. “Sebelumnya di satu kolam terdapat satu kuintal ikan nila. Tapi sekarang, karena pakan ikan sedang tinggi, jumlahnya dikurangi menjadi setengahnya,” ungkapnya.

Karena kenaikan harga pakan, omzetnya dalam sehari pun menjadi berkurang. Jika sebelumnya dapat mencapai omzet Rp500 ribu, maka kini hanya Rp300 ribu saja per 1 kuintal. “Saat ini harga ikan masih stabil, untuk harga ikan nila yang ke pedagang di mencapai Rp23 ribu hingga Rp25 ribu per kilogram tergantung dari ukurannya,” ucapnya.

Loading...