Harga Mulai Rp8 Ribuan, Asinan Kedondong Segar Untuk Berbuka Puasa

Asinan Kedondong

Saat ini, sudah banyak disajikan berbagai menu untuk santapan saat berbuka . Namun, jika Anda ingin sebuah sajian yang segar dan fresh, tetapi tidak membuat perut Anda terlalu kenyang, mungkin Anda bisa mencoba mencicipi asinan kedondong. dengan hanya ribuan , asinan tersebut dijamin bakal membuat kondisi Anda menjadi lebih bersemangat lagi.

Buah kedondong sendiri, yang memiliki akar-akar pada bagian bijinya, sangat berkhasiat untuk mengatasi anemia atau kurang sel darah merah. Pasalnya, kandungan zat besi di dalam buah ini cukup berlimpah sehingga sangat berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain dimakan secara langsung, kedondong juga bisa dikonsumsi dalam bentuk asinan.

“Asinan merupakan campuran maupun buah yang diawetkan dalam air asam, gula, dan sedikit garam. Anda bisa membuatnya dari buah apa saja, namun ada baiknya buah tersebut memiliki tekstur padat dan tidak berair,” jelas Chef Surjo Setijono dari Hotel Horison Samarinda. “Jambu air, bengkuang, mangga, atau kedondong cocok untuk dijadikan asinan.”

Saat ini, sudah banyak yang menjajakan asinan kedondong, baik dalam bentuk tersendiri maupun dicampur dengan buah yang lainnya. Asinan Nona yang berada di kawasan Batam misalnya, menjual berbagai produk asinan, yang terdiri dari delapan jenis buah, mulai bengkuang, jambu, salak, mangga, mentimun, pepaya, nanas, dan kedondong.

“Asinan Nona sudah setahun berjalan,” jelas Nona, pemilik Asinan Nona. “Awalnya memang ingin berjualan asinan karena di Batam belum banyak yang berdagang. Selain itu, saya ingin mengajak orang-orang untuk lebih banyak makan sayur dan buah dengan rasa yang lebih fresh.”

Untuk harganya, Asinan Nona menawarkan asinan buah kedondong yang dicampur dengan buah lainnya dengan harga mulai Rp15 ribu. Asinan buah produksinya ini disebut bisa tahan hingga seminggu. Nona juga mengungkapkan bahwa perbedaan asinan produksinya dengan asinan lain adalah menggunakan buah jeruk kasturi, sehingga rasanya lebih nikmat dan segar.

Sementara itu, Warung Asinan Ibu Sofie yang berlokasi di wilayah Tangerang, menawarkan asinan buah miliknya, termasuk asinan kedondong, dengan harga mulai Rp8.000 per bungkus. Jika ingin menambahkan dengan kerupuk mi, hanya perlu menambah biaya sebesar Rp2.000 untuk lima keping kerupuk. “Ini resep pribadi saya. Tidak ada yang spesial, hanya mempertahankan kualitas saja. Itu kunci saya bertahan,” promo Sofie.

Loading...