Harga Mulai Rp35 Ribuan, Cat Meni Lindungi Besi dari Karat

Cat Meni Besi - www.galeriarsitektur.comCat Meni Besi - www.galeriarsitektur.com

Karat atau korosi merupakan salah satu ‘musuh’ yang bisa menyebabkan yang terbuat dari mengalami kerusakan. Nah, untuk meminimalkan karat pada besi di , Anda bisa melapisi dengan meni sebagai dasar sebelum mengaplikasikan finish. Di , meni dengan kemasan kaleng 1 kg sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp35 ribuan.

Karat pada besi tumbuh karena adanya reaksi oksidasi. Tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh karat sendiri ada bermacam-macam, mulai stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan besi itu sendiri. Kondisi besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki. Namun, jika sudah pada tingkat hilangnya besi, otomatis harus dilakukan penggantian.

“Sebelum telanjur rusak, ada baiknya Anda mencoba melakukan langkah berikut untuk mencegah besi berkarat,” tulis laman Tribunnews. “Pertama adalah sikat bagian besi yang berkarat, kemudian ampelas bagian tersebut sampai bersih. Lalu, bersihkan kotoran, debu, dan yang masih menempel menggunakan kain lap kering. Terakhir, sapukan cat besi yang mengandung anti-karat, yang bisa menjadi lapisan cat primer sekaligus top coat atau cat finish.”

Namun, jika Anda memilih tidak menggunakan cat besi tahan karat, Anda bisa mengaplikasikan cat meni (cat dasar) terlebih dahulu. Cat yang termasuk deretan cat primer ini memang memiliki untuk melindungi besi atau baja dari korosi atau karat. Setelah mengaplikasikan cat meni, tunggu selama satu hari, kemudian gunakan cat finish, dan perabotan besi Anda akan kembali mengkilap.

Cat meni besi umumnya terbuat dari bahan resin alkyd, long oil alkyd resin, medium oil alkyd resin, short oil alkyd, enamel resin, sintesis resin, atau damar resin. cat ini memiliki beragam warna, di antaranya pigmen bata merah, merah oranye, grey, putih, hitam, hijau, dan kuning. Di pasaran, cat meni Cap Pedang Rp35 ribuan per kg, cat meni Propan Metalkolite kemasan 1 kg ditawarkan Rp37.500, sedangkan cat meni besi Afatex dipasarkan Rp60 ribuan per kg.

Loading...