Harga Mulai Rp15 Ribuan, Garam Epsom Diklaim Jadi Solusi Pereda Nyeri

Garam Epsom - (Sumber: tempo.co)Garam Epsom - (Sumber: tempo.co)

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang tidak tahu tentang garam Epsom. Garam Epsom atau yang memiliki nama lain garam ini memiliki banyak baik di dunia atau untuk tubuh sehari-hari. Di pasaran, harga garam Epsom berkisar antara Rp15 ribuan hingga Rp40 ribuan.

Garam Epsom dibuat dari mineral alamiah yang terkandung di dalam air, atau yang lebih dikenal sebagai magnesium sulfat. Nama Epsom sendiri diambil dari sebuah nama kota di Inggris di mana komposisi garam tersebut pertama kali didestilasi dari air. Saat ini, keberadaan garam yang memiliki rumus kimia msg04-7h2o tersebut bisa dengan mudah didapatkan, karena di sejumlah toko obat (atau ) maupun toko alat-alat kecantikan telah banyak menjual garam Epsom.

Mengenai manfaatnya di dunia medis, garam Inggris kerap digunakan untuk hypomanesemia, menurunkan risiko eklamsia, mengatasi keracunan barium klorida, mengatasi perut kembung dan meratakan perut, dan untuk irukandji syndrome. Sementara untuk perawatan sehari-hari, garam Epsom sering kali dimanfaatkan untuk membuat rambut menjadi halus dan mengembang, meringankan stres dan membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi rasa sakit dan kram otot, hingga dapat digunakan sebagai pembersih wajah.

Meski secara kasat mata, bentuk garam Epsom terlihat tidak berbeda dari garam yang biasa dikonsumsi untuk memasak. Namun, garam Epsom dikenal oleh khasiatnya untuk pereda nyeri. Garam ini juga kerap ditemukan di sejumlah tempat spa karena diketahui memiliki beberapa sifat penyembuhan ketika diserap ke dalam kulit.

“Berendam dalam air garam Epsom juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi yang sedang Anda alami. Ia juga melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh,” dilansir dari laman Boldsky.

Garam Inggris yang digunakan sebagai exfoliator ini juga berfungsi untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dari tubuh. Pengelupasan ini akan membuat kulit mampu untuk memproduksi sel baru yang tentunya lebih sehat.

Sebagian wanita yang ingin tampil cantik namun tidak mengandalkan perawatan yang mahal juga mengambil manfaat baik dari garam Inggris. Karena garam ini bisa dijadikan sebagai body scrub untuk membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah. Caranya mudah hanya dengan mencampurkan setengah cangkir garam Epsom dan setengah cangkir sabun mandi atau minyak zaitun. Kemudian oleskan pada tubuh dan gosok secara perlahan. Metode ini diyakini mampu membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kering dan kasar, utamanya di area siku dan lutut.

Selain manfaatnya yang baik di dunia medis dan kecantikan, ternyata garam Epsom juga berkhasiat untuk tanaman. Garam Epsom diperlukan untuk menjaga tanaman dari hama. Dengan cara menaburkannya di sekitar tanaman, garam ini akan membuat iritasi pada serangga dan juga hama. Sehingga tanaman diklaim aman jika menggunakan garam Epsom. Apalagi garam ini juga ramah .

Loading...