Harga Mulai Rp 500 Ribuan, USG 4 Dimensi (4D) Tampilkan Gerak Janin Lebih Detail

Harga Mulai Rp 500 Ribuan, USG 4 Dimensi (4D) Tampilkan Gerak Janin Lebih Detail

Kehadiran alat ultrasonografi alias USG kini bisa memudahkan para calon ibu untuk melihat secara langsung seperti apa kondisi janin yang berada dalam kandungannya. Alat USG sendiri ada beragam jenisnya, mulai dari USG 2 dimensi, USG 3 D, hingga yang teranyar adalah USG 4 dimensi. atau melakukan pemeriksaan USG pun bervariasi, tergantung jenis USG yang diambil. Namun biasanya tarif USG 4D dipatok lebih mahal dari USG 2D dan 3D.

“USG 4 dimensi itu sama dengan USG 3D tetapi lebih real-time atau bergerak. Sebenarnya ini hanya semacam fashion saja, untuk menyenangkan pasien,” ungkap dr. Bangun Purwaka, Sp.OG dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, seperti dilansir Kompas.

USG 4D merupakan penyempurnaan dari tampilan pada USG 3D, di mana jika dalam USG 3D pasien akan memperoleh gambaran janin dalam 3 dimensi, maka di USG 4D pasien akan memperoleh gambaran yang lebih detail seputar gerakan-gerakan yang dilakukan oleh janin seperti mengisap ibu jari, menendang, dan lain sebagainya.

“USG 4D yang ada sekarang ini mampu melihat berbagai kelainan pada seperti bibir sumbing atau hidrocefalus. Tetapi kelainan jantung belum bisa terlihat jelas. Namun para pengembang USG sedang menyempurnakannya sehingga bisa mendeteksi kelainan jantung bawaan,” imbuh dr. Bangun.

Senada, Aplikasi Ultrasound Philips Healthcare, Windri Astuti mengungkapkan bahwa sesungguhnya pemeriksaan USG 4 tak terlalu diperlukan. “Cukup kok dengan 2 dimensi karena USG itu tujuannya untuk mengetahui ada kelainan anatomi atau tidak, mungkin banyak yang memilih 4 dimensi karena mereka ingin lebih jelas dan detail tentang bayi mereka. Kalau memang ingin 4 dimensi biasanya dokter menyarankan saat usia kandungan sudah tujuh bulan lebih kelihatan,” papar Windri.

Sementara itu, dr. Ivan R. Sini MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG, dokter spesialis kandungan sekaligus Wakil Presiden BundaMedik RS Bunda menganjurkan para ibu hamil untuk melakukan USG sebanyak 3 kali, yakni di awal kehamilan, di usia kandungan 20 minggu, dan menjelang persalinan sekitar 30 minggu.

Biaya melakukan USG 4D di Jakarta umumnya berkisar antara Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan, tergantung dari lokasi atau klinik yang dikunjungi. Namun harga yang berlaku di kota lain kemungkinan bisa lebih murah atau lebih mahal, tergantung kebijakan pihak .