Harga Mulai Rp 1,3 Jutaan, Tester Digital DHC BT 280 Memiliki Bentuk Kompak & Ringan

Tester Digital DHC BT 280 - www.tokopedia.com

Aki pada perlu dicek secara berkala untuk memastikan performa tetap optimal dari waktu ke waktu. Voltase atau tegangan aki mobil yang bagus dan optimal berada di angka 12,60, sedangkan daya starternya (SAE) tergantung nominal dari masing-masing aki. Beruntung kini sudah banyak tester atau analyzer aki seperti DHC BT-280 yang dapat mengukur tegangan 4,5-16V dengan kemampuan ukur 40-1200 CCA (SAE). tester digital DHC BT-280 sekitar Rp 1,3 jutaan hingga Rp 1,5 jutaan.

pengisian atau suplai ke aki disebut-sebut dapat mempengaruhi usia pakai aki sepeda motor. “Usia pakai aki juga tergantung pada kestabilan pengisian,” Jari Hermayanto, Mechanic in Chief DMS motor, bengkel spesialis kelistrikan dan efisiensi sepeda motor di Jati Asih, Bekasi, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Jari menuturkan, besarnya pengisian ke aki harus pas, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Jika pengisian kurang dari , maka listrik di aki akan habis alias tekor. Sebaliknya, bila berlebihan aki akan memperoleh tekanan terlalu besar dan dapat membuat aki menggembung serta cepat rusak.

Agar dapat memastikan pengisian aki sudah sesuai, cara paling tepat adalah menggunakan ampere meter. Namun cara paling mudah bisa menggunakan volt meter untuk mengecek tegangannya. ini bisa berupa multitester biasa yang banyak tersedia di , ata ada pula volt meter sebagai aksesoris motor.

Jika mesin dalam kondisi mati, maka tegangan di aki yang sehat adalah sekitar 12,3 – 12,6 volt. Sedangkan saat mesin dihidupkan, maka tegangan akan naik maksimal 14,2 volt. Bila lebih dari itu, maka pengisian berlebih dan akan memperpendek umur aki. Sebaliknya bila tegangan kurang dari 12,3 V berarti aki tekor, listrik di aki akan cepat habis dan rusak.

“Jika aki rusak dalam kurun waktu kurang dari setahun, pemeriksaan sistem pengisian harus dilakukan sebelum mengganti aki baru,” pungkas jari. Sebagai informasi, tester digital DHC BT 280 dilengkapi capitan buaya yang dilindungi penutup silikon dan dapat digunakan untuk menganalisis kesehatan aki mobil, sepeda motor, maupun genset. Selain itu, tester ini juga dapat dipakai untuk mengecek sistem starter serta pengisian mobil.

Loading...