Bikin Masakan Lebih Lezat, Harga Minyak Wijen di Alfamart Mulai Rp30 Ribuan

Minyak wijenMinyak wijen

wijen merupakan salah satu memasak yang populer untuk aneka Asia. Penambahan minyak wijen dapat membuat apa saja terasa lebih gurih dan lezat. Di termasuk di Alfamart pun tersedia beragam merek minyak wijen dengan harga yang variatif.

Minimarket seperti Alfamart menawarkan minyak wijen merk Lee Kum Kee kemasan botol isi 115 ml yang dijual seharga Rp39 ribu per botol. Minyak wijen Lee Kum Kee diklaim terbuat dari biji wijen pilihan yang diperas dan dipanggang dengan baik sehingga menghasilkan warna minyak yang lebih gelap.

Selain bermanfaat untuk kuliner, ternyata minyak wijen disebut-sebut bermanfaat untuk kesehatan manusia. Minyak wijen dikenal mengandung lemak tak jenuh yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peroksidasi lipid, dan meningkatkan status antioksidan pada pasien hipertensi.

Yang lebih menarik lagi, minyak wijen dipercaya bisa menjadi alternatif penyembuhan luka bakar. Menurut sebuah penelitian tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of Skin and Stem Cell, tropikal dengan minyak wijen mengurangi waktu penyembuhan luka bakar. Dalam penelitian itu juga disebutkan bahwa minyak wijen mengandung lignan, yakni senyawa kimia yang biasa ditemukan pada tanaman.

Lignan yang terkandung dalam minyak wijen tersebut juga termasuk antioksidan kuat yang bisa membantu penyembuhan luka. Di samping itu, minyak wijen dipercaya mengandung zat antiinflamasi atau antiperadangan yang dapat mempercepat penyerapan panas ketika terjadi luka bakar pada kulit.

Dokter kulit kecantikan sekaligus Medical Expert Combiphar, dr. Sandi Perutama Gani pun meyakini jika minyak wijen bisa membantu melembapkan kulit. Selain itu, dr. Sandi menyebutkan terdapat beberapa senyawa yang dapat membantu proses penyembuhan luka, yaitu rhizoma coptidis, cortex phellodenri, dan scutellariae radix.

“Bahan ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikrobial. Bahkan sifatnya sebagai antiinflamasi ini dapat meringankan ,” ungkap dr Sandi, seperti dilansir Grid.id. Sandi menambahkan, minyak wijen yang ditambah dengan beeswax (lilin lebah) pun bisa membantu proses penyembuhan luka.

“Kemudian, minyak wijen dan beeswax, dua kandungan ini tujuannya untuk melembabkan dan menyembuhkan luka. Melembapkan luka itu penting karena untuk mempercepat penyembuhan luka,” tutupnya.

Loading...