Bahan Baku Mahal, Harga Minyak Atsiri Cengkeh Capai Ratusan Ribu Rupiah

Ilustrasi : Minyak Atsiri Cengkeh - www.malangtimes.com

Indonesia termasuk yang mampu memproduksi aneka minyak atsiri dengan kualitas baik dan berhasil diekspor ke luar negeri. Beberapa produk minyak atsiri yang mendapat tempat di hati para konsumen di antaranya adalah minyak nilam hingga minyak cengkih. Harga minyak atsiri di Indonesia sendiri dibanderol variatif.

penyulingan minyak cengkeh selama ini lebih banyak menggunakan bahan dasar daun cengkeh. Namun, para pengrajin di Nganjuk, Jawa Timur ternyata juga dapat menggunakan bahan dasar dari gagang cengkeh. “Pada prinsipnya alat dan cara penyulingan sama. Hanya terdapat perbedaan waktu dan alat pembakaran yang digunakan,” kata Agus, penyuling gagang cengkih di Desa Klodan, Kecamatan Ngetos, Nganjuk, seperti dilansir Koranmemo.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, dalam penyulingan daun cengkeh biasanya limbah daun akan digunakan sebagai bahan bakar. Namun pada penyulingan gagang cengkeh bahan bakar yang dipakai adalah kayu. Alasannya berkaitan dengan lama waktu proses penyulingan. “Penyulingan daun cengkih hanya memakan waktu sekitar 6 jam sampai 7 jam. Tapi kalau penyulingan gagang cengkih memakan waktu lebih dari 14 jam,” bebernya.

Selain itu, hasil yang diperoleh pun kabarnya berbeda. Dalam 1 tungku yang memuat 3 kuintal daun cengkeh hanya menghasilkan 10 kg minyak. Tetapi, pada 1 tungku berisi 1 ton gagang cengkeh mampu menghasilkan 44 kg minyak atsiri. Meskipun tergolong menguntungkan, Agus mengakui bahwa bisnis minyak atsiri gagang cengkih tersebut terkendala oleh harga yang dan harga minyak cengkeh yang kurang stabil.

Agus biasa membeli bahan baku gagang cengkeh kering dari petani wilayah Nganjuk sekitar Rp10 ribu per kilogram. Sedangkan hasil penyulingan minyak cengkih miliknya dijual ke pengepul di Kecamatan Sawahan dengan harga Rp250 ribu per kilo.

Menurut hasil penelusuran di sejumlah situs jual-beli , harga minyak atsiri cengkeh per 1.000 ml (1 liter) saat ini mencapai Rp225 ribu sampai Rp250 ribu. Kemudian ada juga yang menjual per botol isi 500 ml (1/2 liter) seharga Rp115 ribu sampai Rp162 ribu. Minyak cengkeh sendiri dikenal memiliki untuk mencegah infeksi, perawatan gigi, menghilangkan noda dan guratan pada kulit, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi.

Loading...