Dikenal Andal & Mudah Digunakan, Harga Mesin Roasting Kopi Probat Bikin Gigit Jari

Mesin roasting kopi Probat (sumber: pinterest)Mesin roasting kopi Probat (sumber: pinterest)

Para pecinta , khususnya yang berkecimpung di dunia pastinya sudah tak asing lagi dengan merek Probat. Brand coffee roaster asal Jerman ini memang punya sejarah yang panjang di industri kopi. Probat dikenal lewat -alat handmade-nya yang canggih dan performa mumpuni, namun cara pengoperasiannya relatif mudah. Tak heran jika roasting kopi Probat cukup mahal, baik yang kondisi baru maupun used (bekas).

Di pasaran Indonesia sendiri setidaknya sudah ada beberapa mesin roasting Probat yang beredar, yakni Probat Probatino 1 Coffee yang dijual dengan harga Rp430 juta. Mesin satu ini memiliki lama waktu roasting antara 10-20 menit dengan 1kg roasting batch. Kemudian ada juga Probat Probatone kapasitas 5kg dengan harga mencapai Rp800 juta per unit. Keunggulan dari Probatone adalah cara kerjanya yang konsisten, sehingga diklaim mampu menghasilkan “gorengan” biji kopi yang cenderung homogen.

-produk mesin roasting kopi Probat didistribusikan di Indonesia oleh PT Nutraco Mesindotama. Bahkan sejak tahun 2012 lalu telah dibuka showroom Probat di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara untuk memudahkan para pecinta kopi melihat dan mencoba langsung mesin-mesin roaster Probat.

“Visi Probat di Indonesia antara lain membuka kesempatan dan memberikan dukungan kepada siapa saja yang ingin mengetahui aspek pengolahan kopi dan memberikan pelatihan tentang mesin roaster Probat agar nama dan citra kopi Indonesia lebih dikenal secara luas di mancanegara,” kata Randy Faranes, Direktur PT Nutraco Mesindotama selaku distributor resmi Probat di Indonesia, seperti dilansir dari Cikopi.

Sebagai informasi, Indonesia rupanya merupakan salah satu terbesar Probat. Oleh sebab itu Probat terus mengembangkan sayapnya dengan kelas shop roaster kapasitas 1 dan 5 kilogram. Menurut sang teknisi Probat, panduan aman waktu roasting adalah 12 menit, namun dapat diperpanjang sesuai profil kopi yang diinginkan.

Kemudian, pengaturan suhu sebaiknya jangan naik terlalu cepat atau lambat sebagaimana yang tertera di display elektronik. Kemudian pengguna tinggal pasang telinga untuk mendengar suara letupan kecil dari biji kopi yang akan terjadi dua kali. Itu menandakan bahwa kopi sudah di-roasting dengan sempurna.

Loading...