Bikin Ban Awet, Segini Harga Mesin Nitrogen Generator

Mesin Nitrogen Generator - bengkel-khusus-piaggio-vespa-modern.business.siteMesin Nitrogen Generator - bengkel-khusus-piaggio-vespa-modern.business.site

JAKARTA – Saat ini, pengisian ban kendaraan bermotor dengan nitrogen mulai ramai dilakukan para pengendara karena diklaim membuat ban lebih awet. Nah, untuk melakukan yang satu ini, diperlukan nitrogen generator, yang dikatakan dapat mengisi angin pada ban motor, mobil, hingga truk dan bus. Walau bentuknya cukup simpel, namun harganya ternyata mencapai angka belasan juta rupiah.

Jika Anda berniat berbisnis pengisian ban kendaraan bermotor menggunakan nitrogen, tersebut sudah tersedia bebas di pasaran dalam beragam merk. Mesin nitrogen generator FS-4000L misalnya, dengan Rp16 jutaan, Vastar Bright N2 berkisar Rp13,5 jutaan, banderol Airtrack II Nitro sekitar Rp12,9 jutaan, sedangkan Krisbow N2 berkisar Rp20,7 jutaan.

“Nitrogen generator merupakan mesin pengisi angin nitrogen,” tulis Istana Car Wash, penyedia peralatan cuci mobil, dalam situs resminya. “Kombinasi penggunaan gas nitrogen pada ban mobil atau motor, dengan ban yang baik serta menjaga tekanan yang sesuai, akan menghasilkan beberapa keuntungan.”

Pengisian ban dengan nitrogen dikatakan dapat membuat daya cengkeram dan kinerja ban menjadi lebih optimal akibat grip yang baik. Selain itu, juga diklaim menghemat bahan bakar karena tekanan ban yang terjaga tepat dapat meringankan kerja mesin, memperpanjang umur pemakaian ban, meningkatkan keselamatan pengendara, tidak terjadi oksidasi pada karet ban, tidak menimbulkan karat pada ban, serta mengurangi risiko pecah ban.

Lalu, apakah bisa nitrogen diisi ke ban selain tubeless? Dikutip dari Corsatire, nitrogen bersifat menggantikan udara biasa. Jadi, tidak masalah jika diisi ke sepeda motor yang masih menggunakan ban dalam. Bahkan, karena kadar airnya sangat rendah, nitrogen bisa mencegah timbulnya korosi dan karat pada pelek jari-jari, yang biasa disandingkan dengan ban biasa.

Meski demikian, jangan berharap kendaraan Anda akan melaju lebih kencang. Walau berat massa nitrogen lebih ringan dari udara biasa, namun angkanya hanya lima persen. Jadi, hampir tidak terasa perbedaannya. Namun, dengan keunggulan seperti yang diutarakan di atas, memang akan lebih menguntungkan jika Anda beralih mengisi ban dengan nitrogen.

Loading...