Harga Lebih Murah, Material GRC Kini Banyak Dipakai untuk Kubah Masjid

Harga Material GRC Kini Banyak Dipakai untuk Kubah Masjid

Hampir setiap masjid yang ada di Indonesia menggunakan atap yang berbentuk kubah. Oleh sebab itu kubah menjadi wajib yang tak bisa ditinggalkan jika ingin membangun sebuah masjid. Material yang dipakai untuk membangun kubah masjid ada bermacam-macam, mulai dari stainless steel, enamel, galvalum, hingga bahan yang kini sedang adalah jenis GRC (Glassfibre Reinforced Cement). GRC lebih disukai menjadi material kubah masjid karena dari segi dianggap lebih murah.

GRC sendiri adalah pengembangan teknologi beton, yakni jenis beton fiber dengan penguat serat fiberglass. Keunggulan sifat GRC adalah lebih ringan namun tetap kokoh, sehingga bisa dicetak dalam bentuk lembaran tipis yang tidak bisa diterapkan pada material beton biasa.

GRC lebih dalam berbagai cuaca, baik panas, hujan, bahkan di iklim salju saja ketahanan GRC dapat diandalkan, tahan terhadap pengikisan, perubahan suhu, dan tahan terhadap serangga yang menjadikan produk GRC ini lebih istimewa dalam pembuatan kubah masjid karena memiliki kelebihan tersendiri yang relatif tidak dimiliki produk beton cor lainnya,” demikian seperti dilansir dari GRC Bekasi.

Kubah masjid GRC juga dinilai mudah untuk diaplikasikan dan dapat dibentuk-bentuk sesuai selera sehingga memudahkan para arsitek untuk berkreasi membuat kubah masjid sesuai imajinasi mereka. Karena memiliki bobot yang ringan, penggunaan material GRC pada kubah masjid juga dapat mengurangi untuk pembuatan pondasi dan .

Poin plus lainnya dari kubah masjid GRC adalah tidak adanya kandungan asbestos yang dapat berpotensi membahayakan kesehatan. Sebagai , harga kubah masjid bahan GRC saat ini berkisar antara harga Rp 850 ribu hingga Rp 1,2 jutaan per meter. Kemudian ada pula penyedia yang mematok harga pemasangan trawangan sebesar Rp 650 ribu per meter persegi dan harga list plang sekitar Rp 550 ribu per meter persegi.

Semakin besar ukuran kubah masjid yang hendak dibangun, maka akan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Harga kubah masjid GRC tersebut biasanya masih bisa nego dengan sang pembuat kubah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Loading...