Harga Lebih dari Rp 100 Ribuan per Kg, Kopi Sidikalang Punya Ciri Khas Rasa yang Unik

Kopi Sidikalang - www.pegipegi.comKopi Sidikalang - www.pegipegi.com

Para pecinta tentunya sudah tak asing lagi dengan Sidikalang. yang tergolong dengan rasa enak dan terkenal di ini memiliki beberapa ciri khas, mulai dari aroma dan karakter rasanya yang unik, tingkat keasaman yang rendah, hingga long after taste atau daya tahan rasa yang tertinggal di mulut cukup kuat. Tak heran jika Sidikalang cukup laris di kalangan .

Harga kopi Sidikalang per kg yang sudah diolah menjadi bentuk bubuk di ternyata cukup mahal. Berdasarkan penelusuran di sejumlah jual-beli online, harga kopi Sidikalang berkisar mulai dari Rp 140 ribuan hingga Rp 190 ribuan per 1 kg. Meski harga kopi asal Medan ini cukup menggiurkan, kabarnya banyak yang tak bisa mengecap keuntungannya karena kurang menguasai pemasaran.

Padahal menurut Lidia Naibaho, Direktur Program Pengembangan Ekonomi dan Rakyat Selaras Alam (Petrasa), perkembangan kopi di Sidikalang cukup baik, apalagi jenis kopi yang dihasilkan adalah Arabica super. “Kopi di Sidikalang sebenarnya makin maju, pecinta kopi banyak yang mengenal Sidikalang. Cuaca dan ketinggian Sidikalang cocok untuk kopi di sini,” jelas Lidia, seperti dilansir Tribunnews.

Tak hanya berperan sebagai para petani kopi, Petrasa juga memberi wawasan terhadap para petani terkait budidaya dan membantu pemasaran kopi lewat media sosial. Oleh sebab itu kopi Sidikalang banyak memperoleh pesanan dari luar kota. “Para petani ini masih belum mengetahui cara pemasaran. Makanya, kita buka akses, tapi harapan kami selanjutnya, petani bisa memasarkan sendiri,” paparnya.

Lidia juga menyayangkan langkah petani yang mayoritas masih kerap menjual kopi dalam wujud biji kopi. Padahal apabila sudah diolah jadi bubuk kopi harganya bisa lebih dari Rp 100 ribu per kilogram. “Makanya kita buat brand bernama ‘Sidikalang Arabica Coffee’. Pemesanan melalui kita, kita tinggal sampaikan ke petani,” sambungnya.

Menurutnya, hasil tani kopi yang dihasilkan adalah yang terbaik di Indonesia. Bahkan setelah beberapa kali pameran dan festival tingkat nasional juga masih jadi yang terbaik. “Semestinya pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Disperindag membuat sebuah program untuk pengenalan yang lebih besar ke wisatawan. Ini yang belum pernah ada,” bebernya.

Loading...