Harga Jutaan Rupiah, Lampu UV Dapat Dimanfaatkan untuk Sterilisasi Ruangan

Lampu UVIlustrasi : Lampu UV - harga.info

Dalam dunia medis banyak memanfaatkan sinar ultraviolet dari UV untuk melakukan sterilisasi, baik sterilisasi ruangan bedah, kamar , maupun kedokteran. Radiasi dari sinar ultraviolet tersebut diyakini bisa membunuh semua bakteri, jamur, maupun virus. Adapun lampu UV sterilisasi ruangan ini bermacam-macam, tergantung merek dan spesifikasinya.

Sebagai contoh, lampu UV GEA SJB-II 4 bulb dijual dengan harga sekitar Rp6,4 jutaan di pasaran. “Lampu UV GEA 4 bulb ini tidak mengganggu pernapasan dan tidak merusak peralatan medis atau peralatan rumah sakit. Lampu UV laboratorium ini banyak dipakai di rumah sakit karena keawetan lampu tersebut dan keefektifannya,” kata salah satu penjual lampu UV.

Selain lampu UV 4 bulb, ada juga lampu UV 5 bulb dengan harga yang terpaut lebih mahal, yakni Rp8 jutaan. Penggunaan lampu UV ini untuk sterilisasi ruangan pun cukup mudah. Caranya, cukup hidupkan lampu UV selama beberapa menit dalam ruangan yang hendak disterilisasikan, maka virus, kuman, dan bakteri pun akan musnah.

Fungsi dari lampu UV ini memang sangat beragam, mulai dari diklaim mampu membunuh dan menonaktifkan bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya, mensterilkan udara dan permukaan benda di rumah sakit, mensterilkan air minum, hingga digunakan untuk berbagai macam proses photochemical.

Akan tetapi, setiap pengguna lampu UV tetap perlu berhati-hati. “Sayangnya, sinar UV juga mempunyai negatif bagi kesehatan manusia,” kata pemimpin studi David J. Brenner, direktur Pusat Penelitian Radiologi di CUIMC, seperti dilansir Futurism melalui Beritagar.

Menurutnya, pemakaian sinar UV yang berlebihan juga bisa menyebabkan kanker kulit dan katarak. Oleh sebab itu, penggunaannya pun dibatasi dan belum pernah dipakai di ruang publik. “Jadi sampai sekarang, lampu UV hanya beroperasi saat tidak ada manusia di sekitarnya,” jelas Brenner.

Produk lampu UV untuk sterilisasi ruangan sendiri kini sudah banyak dijual di -toko alat kesehatan maupun dijual secara online. Namun harga lampu UV sterilisasi ruangan di masing-masing tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...