Cocok untuk Dapur, Ini Harga Kipas Penyedot Asap

Ilustrasi : Kipas penyedot asapIlustrasi : Kipas penyedot asap - sea.banggood.com

JAKARTA – Dapur menjadi salah satu di yang rentan terkena asap dan bau-bauan dari masakan. Tak jarang, asap dan bau tersebut sehingga membuat kondisi sedikit tidak nyaman. Nah, selain disarankan untuk memiliki ventilasi, Anda pun bisa meminimalkan hal tersebut dengan bantuan kipas penyedot asap, yang sekarang dengan mulai puluhan ribu , walau ada yang ditawarkan ratusan ribu .

Dilansir dari Okezone.com, minyak dan bau asap bekas masakan memang selalu menjadi musuh nomor satu dapur rumah. Apalagi, jika dapur tidak memiliki akses sirkulasi yang memadai karena berbagai hal, misalnya diapit ruang lain atau sirkulasi terlalu kecil dan kurang ideal. Saat mengalami hal ini, pengisap asap atau akrab disapa cooker hood tentu menjadi salah satu jalan keluar terbaik yang bisa dipilih.

Namun, pengisap asap yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Pasalnya, meski sudah memakai alat ini, tidak jarang ruangan dapur masih tetap bau. Jika pengisap asap tidak sesuai dengan penggunaan, maka sistem pengolahan udara di dapur akan sulit berjalan dengan maksimal, sehingga dapur pun akan tetap menimbulkan bau.

“Untuk dapur kecil yang jarang dipakai memasak besar, bisa menggunakan pengisap asap dengan lebar 60 cm yang memiliki daya isap 200-350 m3/jam. Sementara, dapur yang aktif digunakan untuk masak besar dapat memilih pengisap asap dengan lebar 90 cm dengan daya isap 350 m3/jam,” terang desainer interior, Susan Octari Yawhan. “Material yang ideal adalah besi stainless, yang tidak mudah berkarat dan berpenampilan modern. Selain itu, ada material fiber yang harganya lebih terjangkau, tetapi tidak seawet besi.”

Sayangnya, harga cooker hood ini ternyata tidak murah, rata-rata dijual dengan banderol jutaan rupiah. Rinnai Cooker Hood RH-S116-SS misalnya, punya harga Rp1.100.000 per unit, sama seperti perangkat Modena Slim Hood PX-6021 60 cm. Sementara itu, untuk Modena Slim Hood SX-6001S punya harga sedikit lebih mahal, yakni Rp1,2 jutaan.

Nah, jika kebetulan anggaran Anda terbatas, tidak perlu khawatir. Masih ada opsi yang lebih murah, yakni dengan kipas penyedot asap. JM Convenient 2-in-1 Smoke Exhaust Fan misalnya, dijual dengan harga cuma Rp70 ribuan, kipas penyedot asap Sunshine SS-493E ditawarkan dengan harga mulai Rp255 ribuan, Maspion MV16EX punya banderol hanya Rp175 ribuan, dan Panasonic FV-10EGS1 punya harga Rp499 ribuan.

Loading...