Termasuk Spesies yang Dilindungi, Berapa Harga Jual Kerang Kima?

Harga Kerang Kima - kaltim.tribunnews.comHarga Kerang Kima - kaltim.tribunnews.com

Jenis kerang sangat banyak di luar sana, khususnya di Indonesia. Sebagai negara maritim, tak heran jika kekayaan negara ini cukup beragam. Bahkan salah satu fauna langka seperti kerang kima pun ada di Indonesia. Kerang kima sendiri termasuk yang memiliki harga jual mahal di . Akan tetapi, binatang ini berstatus dilindungi di Indonesia, sehingga tidak boleh diperjual-belikan.

“Kerang ini adalah hewan dilindungi, termasuk dalam endangered species, atau masuk dalam IUCN red list,” kata Dr. Novi Susetyo Adi, Peneliti Bidang Ekologi Spasial Pesisir dan Laut, Pusat Riset Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan, seperti dilansir Detik.

Kima disebut memiliki tugas yang penting dalam ekosistem laut, khususnya untuk ekosistem terumbu karang. “Fungsinya secara ekologis adalah sebagai shelter (tempat berlindung) ikan-ikan karang,” jelas Dr. Novi.

Selain itu, kerang kima berperan sebagai penyumbang kalsium karbonat pembentuk ekosistem terumbu karang, sehingga kima juga sumber zooxanthellae (symbiodinium spp) yang bersimbiosis dengan hewan karang. “Kima juga sebagai pencegah eutrofikasi (pengkayaan nutrien perairan akibat limbah organik) dengan fungsi filteringnya,” paparnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kerang kima termasuk hewan dilindungi dalam Peraturan No. 7 Tahun 1999. Indonesia pun terikat konvensi internasional yang melarang endangered species (termasuk kima ini), yaitu konvensi CITES. “Biasanya kima segede itu hidupnya di area terumbu karang yg masih bagus dan kedalamannya minimal 10 m, hidup di antara terumbu karang tersebut,” ujar Dr-ing Widodo Pranowo, Peneliti Madya Bidang Oseanografi pada Pusat Riset Kelautan KKP.

Kima bukan hanya tinggal di antara karang, ada juga kerang kima yang memiliki habitat di pasir. Akan tetapi, biasanya kima hidup di dasar laut yang jarang terjamah oleh manusia. Tak hanya enak untuk disantap, kima pun mempunyai nilai tersendiri untuk masyarakat yang bermukim di pesisir. Menurut keyakinan masyarakat, daging kima bisa berfungsi sebagai kuat. “Masyarakat lokal suka makan kima karena dipercaya bisa sebagai afrodisiak atau kuat sex,” katanya.

Oleh sebab itu, masih ada saja masyarakat pesisir yang suka memburu kima dan menyantapnya meski dinyatakan ilegal. Di online pun masih ada yang menjual daging kerang kima segar dengan harga sekitar Rp56 ribu per 100 gram. Cangkang kerang kima banyak juga dijual sebagai hiasan seharga Rp150 ribu hingga Rp3,2 jutaan.

Loading...