Bisa Mendesis Seperti Ular, Harga Kadal Lidah Biru Capai Jutaan Rupiah

Kadal Lidah Biru - www.nationalgeographic.comKadal Lidah Biru - www.nationalgeographic.com

Kadal termasuk reptil yang banyak dipelihara. tertentu seperti kadal panana atau kadal lidah biru bahkan bisa mencapai jutaan . Berbeda dari kadal biasa, kadal panana terlihat memiliki lidah berwarna biru. Hal itu pula yang menjadi salah satu keunikan dari ini.

Spesies kadal lidah biru kerap ditemukan di , Papua Nugini, dan bagian timur seperti Maluku. Beberapa orang kerap menyebut hewan ini dengan nama bengkarung lidah biru dari genus Tiliqua atau biasa juga dijuluki kadal lidah biru. 

Jika diperhatikan, binatang ini mempunyai tubuh yang gemuk dan lidahnya berwarna biru atau indigo. Kadal lidah biru biasanya tampak begitu menyatu dengan lingkungan karena kulitnya yang hampir mirip. Keunikan lainnya, bila ada yang mengganggu atau merasa terancam, maka kadal panana akan mendesis layaknya ular, lalu membuka mulut lebar-lebar sambil menjulurkan lidahnya yang biru, dan juga membusungkan diri supaya tampak lebih besar.

Hewan ini biasanya lebih aktif ketika siang hari dan menyukai tempat yang teduh. Walaupun suaranya mendesis seperti ular dan tampilan lidah birunya sangat intimidatif, rupanya hewan ini bukan hewan berbisa. Kadal lidah biru umumnya memakan berbagai jenis serangga, arthropoda, atau memakan daging sisa mangsa hewan lain.

“Selain itu kadal lidah biru juga diketahui memakan buah-buahan, bunga dan beri sebab itu mereka tergolong dalam hewan pemakan segalanya,” demikian seperti dilansir Indozone. Kadal lidah biru bisa ditemukan di wilayah padang rumput, dasar hutan, lubang-lubang kayu, di bawah batu, atau area lembap dan teduh lainnya.Di pasaran Indonesia, kadal panana atau kadal lidah biru dijual dengan harga yang variatif. Panana Halmahera misalnya, dijual mulai harga Rp300 sampai Rp500 ribu per ekor. Kemudian, kadal panana Irian Jaya harganya Rp600 ribu per ekor, kadal panana Merauke antara Rp725 ribu sampai Rp1 jutaan per ekor, hingga panana axanthic indukan ukuran 40 cm harganya mencapai Rp2,5 jutaan per ekor. Luar biasa sekali bukan?

Loading...