Bersaing dengan Produk Lokal, Harga Kacang Hijau Import Mulai Rp20 Ribuan

Kacang Hijau Import - www.tokopedia.comKacang Hijau Import - www.tokopedia.com

hijau termasuk yang menguntungkan di maupun . Meskipun mampu memproduksi kacang hijau (mung bean) yang berkualitas, pasar dalam negeri tetap saja harus bersaing dengan kacang hijau import yang jualnya pun kompetitif.

Sebagai , harga kacang hijau impor Australia 1 kg saat ini dibanderol kisaran Rp23 ribuan hingga Rp29 ribuan. Kemudian kacang hijau import kupas harganya Rp29 ribuan sampai Rp37 ribuan per kilogram. Di sisi lain, harga kacang hijau lokal sekitar Rp21 ribuan sampai Rp26 ribuan per kilo.

Menurut Kementerian (Kementan), budidaya kacang hijau akhir-akhir ini membawa keuntungan yang menggiurkan. Pasalnya, kacang hijau produksi dalam negeri juga diminati oleh tetangga. “Ekspor kacang hijau pada umumnya mengikuti raya, mulai meningkat pada bulan Agustus-September 2019,” ujar Direktur Aneka Kacang dan Umbi, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Amiruddin Pohan di Jakarta.

Guna menggenjot angka ekspor kacang hijau, Kementan pun sejak 2019 sudah mulai memfasilitasi bantuan berupa perbaikan varietas benih di 4 provinsi seluas 6.500 hektare, yakni di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

“Daerah sentra produksi kacang hijau untuk wilayah Jawa Tengah ada di Kabupaten Pati, Grobogan dan Demak, Jawa Timur di Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Sumenep, dan Sampang. Kemudian Jawa Barat di Kabupaten Garut dan Cianjur, NTB di Kabupaten Sumbawa dan Dompu dan Sulawesi Selatan di Kabupaten Jeneponto dan Takalar,” jelasnya.

Amiruddin mengungkapkan, negara utama yang menjadi tujuan ekspor kacang hijau saat ini adalah Taiwan, Filipina, dan China. “Saya ingin petani tergerak mulai tanam kacang hijau. Banyak kelebihannya, mudah cara pertanaman dan harganya pun bagus,” ucapnya.

Kacang hijau adalah tanaman pangan yang menurutnya sangat mudah dibudidayakan. Dalam waktu 2 bulan, kacang hijau dapat langsung panen dan bisa digunakan sebagai tanaman sela yang mampu tumbuh optimal di musim kering. “Saat masih kemarau seperti sekarang ini bisa kita manfaatkan lahan dengan pertanaman kacang hijau. Umurnya kan sekitar 60 hari panen, jadi tak perlu menunggu lama sudah bisa langsung menghasilkan,” bebernya.

Loading...